Bahasa, Kunci Sukses Masuki Karier Internasional

HUMANIORA – (26/7/2024) Di era globalisasi ini, kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu kunci utama untuk meraih sukses dalam karier internasional. Dengan semakin terhubungnya dunia melalui teknologi dan komunikasi, keahlian berbahasa asing tidak hanya meningkatkan peluang kerja, tetapi juga memperluas jaringan profesional dan kesempatan untuk berkarier di berbagai negara.

Baca juga:

Melihat pentingnya hal ini, Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terus berupaya meningkatkan kompetensi bahasa asing bagi mahasiswa dan alumninya melalui berbagai program unggulan. Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan program Humaniora International Career Access Network (I-CAN) yang bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan karier internasional bagi mahasiswa dan alumni. Humaniora I-CAN tahap pertama sukses digelar pada November 2023.

Program ini memberikan pelatihan intensif dan dukungan karier, serta menghadirkan para pemateri dari berbagai sektor bisnis global untuk membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam dunia kerja internasional. Inilah sebabnya, menguasai bahasa asing menjadi kunci penting dalam menapaki jenjang karier internasional, membuka peluang yang tak terbatas, dan memberikan akses ke berbagai kesempatan yang menjanjikan di seluruh dunia.

Humaniora I-CAN tahap pertama mendapatkan kesan positif dari para peserta. Salah satunya adalah Miftahul Ilmia, mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab angkatan 2020. Ilmia berbagi pengalamannya tentang bagaimana program ini membantu dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan karier internasional.

"Motivasi saya dalam mengikuti Humaniora I-CAN adalah untuk menambah pengetahuan terkait karier yang cocok dengan jurusan saya. Program ini sangat membantu saya dalam mengenal karier di ranah internasional”, ujarnya.

Mahasiswa asal Kota Mojokerto ini mengaku banyak hal yang ia peroleh tentang karier internasional dalam berbagai bidang. “Dengan adanya I-CAN, saya tidak hanya mengetahui karier apa yang harus saya jalani di masa depan, tetapi juga membangun banyak relasi seperti klien, konsultan, dan perusahaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. I-CAN dalam Bahasa Indonesia juga menjadi motivasi saya bahwa 'Saya Bisa,' yang merupakan tekad kuat yang harus saya tanamkan agar mampu melalui segala rintangan kehidupan," ungkap Ilmia.

Salah satu momen yang sangat berkesan bagi Ilmia adalah ketika YOU-I Japan dan YOU-I Bali berkunjung ke Fakultas Humaniora untuk penjajakan kerja sama. "Pengalaman ini sangat menginspirasi. Saya bertemu banyak orang yang sangat menginspirasi. Hingga saat ini, saya bisa menjadi liaison yang membantu YOU-I Japan dalam proses penjajakan di kampus-kampus di Malang," tambahnya.

Ilmia juga menyoroti pandangannya tentang peluang karier di masa depan setelah mengikuti program I-CAN. "Lulusan Sastra Arab sering dianggap hanya bisa menjadi 'Guru Ngaji.' Namun, dari I-CAN saya belajar bahwa sarjana Sastra Arab bisa menjadi apa pun. Pandangan saya tentang peluang karier di masa depan menjadi lebih terbuka dengan adanya program ini.

Menurut saya, kunci utama dalam karier internasional adalah 'Bahasa.' Bahasa membawa kita menjelajahi dunia selain kemampuan-kemampuan lainnya. Harapan saya setelah mengikuti I-CAN ini adalah bisa mempraktekkan semua ilmu yang saya dapatkan serta berkontribusi dalam agen yang menjadikan saya internship. Dengan harapan besar, saya bisa meneruskan karier saya di perusahaan atau agen yang berada di Jepang maupun negara-negara lainnya," tuturnya.

Program Humaniora I-CAN ini jelas memberikan dampak positif yang signifikan bagi mahasiswa dan alumni Fakultas Humaniora. Melalui program ini, mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan karier internasional, tetapi juga memperluas jaringan profesional mereka, yang sangat berharga dalam dunia kerja global. Fakultas Humaniora terus berkomitmen untuk memberikan program-program inovatif seperti I-CAN untuk mendukung mahasiswa dan alumni dalam mencapai kesuksesan karier di tingkat global. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id