Humaniora, Kunci Transformasi Peradaban

HUMANIORA – (25/7/2024) Ketua Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Humaniora (IKAFAHUMA), Ahmad Faiz Wildan, SS, M. Sos., menyapa calon alumni Fakultas Humaniora dalam acara Yudisium dan Pelepasan Mahasiswa Semester Genap Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun Akademik 2024/2025, Kamis, 25 Juli 2024 di ruang teater Fakultas Humaniora lantai 3.

Pria yang akrab disapa Gus Wildan tersebut, menekankan bahwa Humaniora adalah kunci dari transformasi peradaban. Menurutnya, Humaniora adalah kunci dari transformasi peradaban, karena bidang studi ini berfokus pada pemahaman mendalam tentang nilai-nilai kemanusiaan, budaya, sejarah, dan bahasa yang membentuk dasar peradaban kita.

“Kelebihan alumni Humaniora itu punya keterampilan untuk memahami dan mengelola kompleksitas kehidupan manusia, sehingga mereka mampu beradaptasi dan memberikan kontribusi signifikan di berbagai bidang, termasuk ekonomi, pendidikan, seni, dan pemerintahan” ungkapnya.

Melalui pendekatan holistik ini, Gus Wildan menilai alumni Humaniora mempunyai potensi dapat mendorong terciptanya masyarakat yang lebih beradab, inklusif, dan berkelanjutan, menjadikan mereka agen perubahan yang efektif dalam menghadapi tantangan global.

Lebih lanjut, Pengasuh Pondok Darussalam Sumberpucung Malang ini meyakini, dengan kompetensi yang dimiliki alumni Humaniora, mereka akan siap ditempatkan di mana saja dan tetap berfungsi dengan baik. Ia yakin mereka mampu memberikan kontribusi signifikan di berbagai sektor, termasuk dunia praksis, ekonomi, budaya, pendidikan, serta media.

“Alumni Humaniora ditempatkan di manapun, dalam lingkup apapun, oke”, ujarnya di hadapan calon peserta Yudisium.

Dengan bekal ilmu dan akhlak yang baik, alumni Humaniora dipersiapkan untuk menjadi pemimpin yang peduli dan berdaya saing tinggi. Kehadiran mereka di berbagai sektor kehidupan diharapkan dapat membawa dampak positif, menjadikan mereka sebagai pilar penting dalam membangun peradaban yang lebih baik dan berkelanjutan. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id