Dosen Humaniora Raih Sertifikat Kompetensi Editor Buku dari BNSP

HUMANIORA – (11/6/2024) Dosen Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Habiba Al Umami, M.Hum. berhasil meraih sertifikat kompetensi sebagai Editor Buku dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan kualifikasi Copy Editing. Sertifikasi ini diraihnya setelah sukses melewati serangkaian ujian ketat, yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Penulis & Editor Profesional (PEP), 27 November 2023, dengan skema kepenulisan dan penyuntingan naskah.

Baca juga:

Ujian sertifikasi yang dilalui Habiba tidaklah mudah. Dosen Sastra Inggris ini harus melalui serangkaian tes tulis dan wawancara di hadapan asesor BNSP. Tes ini dirancang untuk menilai kompetensi peserta dalam berbagai aspek penyuntingan naskah, mulai dari kemampuan mengoreksi kesalahan tata bahasa dan ejaan, hingga keterampilan mengedit konten agar lebih koheren dan menarik bagi pembaca.

Tak hanya itu, dalam sesi ujian, Habiba harus melengkapi dokumen portofolio, termasuk melampirkan produk buku yang telah berhasil ia sunting. Ketekunan dan dedikasinya akhirnya membuahkan hasil membanggakan saat ia dinyatakan lulus dan berhasil memperoleh sertifikat kompetensi tersebut.

“Proses ini sangat menantang, tetapi juga menyenangkan,” ungkap Habiba. “Sertifikat ini bukan hanya pencapaian pribadi, tetapi juga pengakuan atas kualitas pendidikan dan pelatihan yang ada di Fakultas Humaniora.”

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Humaniora, Dr. Halimi, turut memberikan ucapan selamat atas pencapaian Habiba. "Kami sangat bangga dengan pencapaian Bu Habiba. Ini adalah bukti nyata dedikasi dan kerja keras beliau dalam mengembangkan kompetensi diri. Kami berharap pencapaian ini dapat menginspirasi seluruh civitas akademika untuk terus berprestasi," ujarnya.

Sertifikasi ini tidak hanya menambah deretan prestasi pribadi Habiba Al Umami, tetapi juga meningkatkan reputasi Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai institusi yang menghasilkan tenaga pendidik dan profesional berkualitas. Hal ini juga membuka peluang lebih besar bagi Habiba untuk berkontribusi dalam dunia kepenulisan dan penyuntingan di Indonesia, baik melalui pengajaran maupun praktik profesional. Prestasi ini diharapkan dapat menginspirasi dosen dan mahasiswa lainnya untuk terus mengembangkan diri dan meraih pencapaian yang gemilang di bidang masing-masing. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id