Mahasiswa Humaniora Turut Ambil Bagian Dalam POMPROV Jatim 2023 Cabor Tarung Derajat

HUMANIORA – (31/7/2023) Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (POMPROV) Jawa Timur 2023 telah digelar pada tanggal 15 hingga 22 Juli 2023 di Universitas dr. Soebandi Jember. Dalam acara ini, Fakultas Humaniora UIN Malang mengutus Raihan Yanuar Abdillah, untuk berkompetisi dalam kejuaraan POMPROV 2 Jatim 2023 pada cabang olahraga Tarung Derajat.

Baca juga:

Dalam even ini, Raihan mewakili kampusnya dalam kelas tarung 50,1 kg - 55 kg. Pertandingan Tarung Derajat berlangsung selama 2 hari di aula Universitas dr. Soebandi Jember, yakni pada tanggal 16 hingga 17 Juli 2023. Cabang olahraga ini diikuti oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur.

“Ini pengalaman pertama saya mengikuti event sebesar ini, saya merasa bangga bisa mewakili kampus di cabor ini" tutur mahasiswa semester 2 dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab ini.

Meskipun belum berhasil meraih juara utama pada kejuaraan kali ini, Raihan menyatakan bahwa pengalaman ini sangat berarti baginya. Ia merasa bangga dapat mewakili kampusnya dalam cabang olahraga ini dan bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa dari kampus ternama. Raihan juga mengungkapkan bahwa ini merupakan pengalaman pertamanya mengikuti sebuah event sebesar POMPROV, sehingga rasa gugup sempat menyertainya ketika pertandingan dimulai.

Tarung Derajat merupakan olahraga yang menekankan pada agresivitas serangan dalam memukul dan menendang. Cabang olahraga ini secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan bela diri dasar oleh TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil Polri. Di dalamnya terdapat berbagai teknik, termasuk teknik memukul, menendang, bantingan, kuncian, dan sapuan kaki untuk menaklukkan lawan.

Fakultas Humaniora UIN Malang memberikan apresiasi tinggi atas partisipasi Raihan dalam POMPROV Jatim 2023 dan mengharapkan ia terus mengembangkan kemampuan serta semangat dalam berolahraga, sebagai wujud nyata dari peran aktif mahasiswa dalam kegiatan olahraga di tingkat provinsi. Semoga Raihan dan seluruh mahasiswa Fakultas Humaniora terus berprestasi dalam berbagai bidang, baik di akademik maupun olahraga, untuk membanggakan almamater dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. [han]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id