Senior Auditor Dampingi Tim AMI LPM UIN Malang di Humaniora, Begini Pesan Meinarni Susilowati!

HUMANIORA – (25/7/2023) Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) Siklus Ke-XVI Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di Fakultas Humaniora, yang dilaksanakan pada Senin hingga Selasa, 24 hingga 25 Juli 2023 turut dipantau dan dikawal secara langsung oleh senior auditor, Dr. Meinarni Susilowati. Kehadiran senior auditor ini bertujuan untuk memastikan jalannya proses audit mutu internal di masing-masing Prodi.

Baca juga:

Usai proses AMI, Dr. Meinarni Susilowati turut memberikan tanggapan sejalan dengan hasil konsolidasi Tim Auditor. Menurutnya, proses AMI merupakan momen penting bagi institusi pendidikan untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kualitas layanan pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa.

Dr. Meinarni Susilowati juga menekankan betapa pentingnya prinsip Continues Improvement dalam proses ini. Ia berpendapat bahwa dalam dunia pendidikan yang selalu berkembang, lembaga pendidikan harus terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa.

Continues Improvement mengajarkan kepada kita bahwa tidak ada batasan dalam mencapai standar kualitas tertinggi. Setiap temuan, baik positif maupun negatif, merupakan sarana berharga yang akan membawa kita menuju ruang-ruang perbaikan yang diperlukan”, ujarnya.

Dr. Meinarni juga memberikan motivasi lebih kepada kedua Program Studi. Ia berpesan agar Prodi BSA dan Sasing tidak takut terhadap temuan yang mungkin dianggap kurang memuaskan. Sebaliknya, temuan tersebut bisa dijadikan momen untuk memperbaiki proses-proses yang mungkin belum optimal.

“Dengan melihat setiap temuan sebagai tantangan untuk lebih baik, kita dapat mengidentifikasi area-area yang perlu diperbaiki dan mengimplementasikan perubahan yang signifikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan”, imbuhnya.

Di akhir testimoninya terkait proses AMI, dosen Prodi Sastra Inggris tersebut meyakini bahwa dengan terus melakukan perbaikan kualitas, setiap Prodi dapat mencapai standar yang diakui secara global dan membuat lulusannya mampu bersaing di tingkat internasional.

“Standar internasional akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam skala yang lebih luas dan mencapai kualifikasi yang diakui secara internasional”, pungkasnya.

Proses Audit Mutu Internal (AMI) Siklus Ke-XVI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2023 ini juga memberikan pelajaran berharga bagi seluruh program studi di kampus tersebut. Dengan adanya proses audit rutin seperti ini, diharapkan setiap program studi terus melakukan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan demi mencapai standar mutu yang lebih tinggi lagi. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id