Tim AMI LPM UIN Malang Lakukan Audit, Dua Prodi Fakultas Humaniora Dapat Apresiasi

HUMANIORA – (25/7/2023) Tim Auditor Mutu Internal (AMI) Siklus Ke-XVI Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memberikan apresiasi kepada dua Program Studi di Fakultas Humaniora, Bahasa dan Sastra Arab dan Sastra Inggris setelah berhasil melewati proses audit dengan hasil yang memuaskan.

Baca juga:

AMI 1

Audit yang dilakukan pada hari Senin, 24 Juli 2023 untuk Prodi BSA dan Selasa, 25 Juli 2023 untuk Prodi Sasing Fakultas Humaniora berlangsung dalam suasana yang penuh kerja sama dan transparansi. Tim Auditor yang terdiri dari Ketua Auditor, Tri Mukti Lestari, M.Kom., dan dua anggota, Syahiduz Zaman, M.Kom, dan dr. Christyaji Indradmojo telah melakukan proses audit dengan cermat dan teliti.

Usai melaksanakan proses audit, Ketua Auditor, Tri Mukti Lestari, M.Kom. menyatakan bahwa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab dan Sastra Inggris telah melakukan persiapan dengan baik.

“Hasil audit sangat memuaskan. Kedua Prodi berpotensi mendapatkan predikat unggul jika nanti melakukan reakreditasi”, ujar Tri Mukti saat diwawancarai tim Infopub Fakultas Humaniora.

Tri Mukti juga menyoroti bahwa implementasi kurikulum MBKM di Fakultas Humaniora yang sudah berjalan selama ini. “Dari informasi yang kami gali, MBKM di Fakultas sangat baik. Implementasinya sudah sesuai dengan profil lulusan yang diharapkan”, imbuhnya.

Senada dengan Tri Mukti, tim auditor, dr. Christyaji Indradmojo, juga menyampaikan kesan positif terkait dengan kesiapan dan kerjasama yang ditunjukkan oleh kedua Program Studi di Fakultas Humaniora.

"Kami melihat Prodi BSA dan Sasing telah mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi proses audit ini. “Data dan kelengkapan yang disiapkan sangat baik dan sangat tertata”, tutur Christyaji Indradmojo, yang juga merupakan dosen di Fakultas Kedokteran UIN Malang.

Sementara itu, Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, Dr. Abdul Basid, merasa senang dan bangga atas hasil positif dari proses audit ini. Ia menyatakan, "Kami bersyukur atas apresiasi yang diberikan oleh Tim Auditor Mutu Internal. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras dan komitmen semua pihak, baik dosen, mahasiswa, maupun staff di Fakultas Humaniora. Kami akan terus berupaya memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan sesuai dengan tuntutan zaman”, ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Program Studi Sastra Inggris, Ribut Wahyudi, Ph.D. Ia mengatakan, “Melalui audit ini, kita dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan di setiap program studi, sehingga memungkinkan kita untuk merancang langkah-langkah perbaikan yang tepat guna meningkatkan kualitas secara berkelanju”, ujarnya.

Sebelumnya, AMI Siklus Ke-XVI ini diawali dengan Audit Dokumen yang diselenggarakan pada 17 hingga 21 Juli 2023. Proses audit tersebut juga dihadiri oleh observer dari berbagai perguruan tinggi luar seperti UIN Raden Intan Lampung, IAIN Ponorogo, STAI Darul Ulum Banyuwangi, dan Universitas Zainul Hasan Genggong Probolinggo.

Dengan hasil audit yang memuaskan ini, Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang diharapkan dapat terus berkontribusi dalam menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja serta memberikan dampak positif bagi masyarakat luas. Diharapkan, keberhasilan ini dapat menjadi pijakan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di seluruh program studi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ke depannya. [bi]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id