Follow Up Kerjasama Internasional: You-I Jepang Teken MoU dengan Humaniora

 

HUMANIORA – (23/7/2024) Dalam langkah strategis untuk memperkuat kerjasama internasional, Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan perusahaan NGO, You-I Jepang. Penandatanganan ini berlangsung pada Senin, 22 Juli 2024, di Meeting Room lantai 2 Fakultas Humaniora.

Baca juga:

Pada kesempatan tersebut, Kazuo Yamada, hadir didampingi Presiden Direktur You-I Jepang, Matsui Seiji, dosen Jakarta Business School sekaligus dosen Fashionpreneur di beberapa sekolah fashion internasional., J. Mahameru, M.Sc., M.Litt. Penandatanganan PKS antara kedua lembaga dilakukan oleh Dekan Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol serta CEO You-I Jepang, Kazuo Yamada.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol, menyatakan rasa terima kasih dan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan oleh You-I Jepang untuk menjalin kerjasama ini. Ia menekankan pentingnya terobosan-terobosan inovatif dalam era disrupsi ini untuk menyiapkan alumni yang siap bersaing di tingkat global.

"Kami berharap kerjasama ini dapat mengembangkan jiwa entrepreneurship mahasiswa serta memperluas jaringan internasional Fakultas Humaniora, menjadikan mereka lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja global," ujarnya.

Senada dengan Dr. M. Faisol, Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Dr. Galuh Nur Rohmah, juga menyampaikan rasa gembiranya atas terlaksananya MoU ini. Ia mengungkapkan harapannya agar kerjasama ini dapat segera diimplementasikan dan memberikan manfaat nyata bagi mahasiswa Fakultas Humaniora.

"Kami sangat senang bisa melakukan MoU dengan You-I Jepang. Semoga kerjasama ini dapat membuka lebih banyak peluang bagi mahasiswa kami untuk mendapatkan pengalaman berharga di Jepang, dan kami berharap dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan berkelanjutan dengan You-I Jepang di masa depan," kata Dr. Galuh.

Sementara itu, CEO You-I Jepang, Kazuo Yamada, menyampaikan antusiasmenya terhadap kerjasama ini, menegaskan bahwa mahasiswa Fakultas Humaniora akan mendapatkan kesempatan berharga untuk bekerja dan belajar di berbagai sektor industri di Jepang, seperti hospitality, pariwisata, perhotelan, perbengkelan, dan home care.

"Kami yakin pengalaman ini akan memberikan wawasan global dan keterampilan praktis yang akan sangat berguna bagi masa depan profesional mahasiswa," ujar Kazuo Yamada.

Masih dalam kesempatan yang sama, J. Mahameru, M.Sc., M.Litt., yang memainkan peran dalam menjembatani hubungan antara Fakultas Humaniora dan You-I Jepang, menyatakan bahwa peluang ini adalah kesempatan yang baik baik bagi kedua belah pihak. Ia juga mengusulkan kepada pihak You-I Jepang untuk meningkatkan peluang internship bagi mahasiswa Fakultas Humaniora dalam sektor yang lebih beragam. 

"Sebagai tahap awal, ini sudah cukup baik. Saya mengusulkan pada tahap berikutnya agar mahasiswa Humaniora diberi kesempatan untuk internship di bidang yang lain, seperti pendidikan dan keagamaan, melihat di Jepang mulai banyak komunitas muslim di masjid-masjid, khususnya bagi para para mualaf yang belajar agama. Saya juga akan berkomunikasi lebih lanjut dengan You-I untuk membuka peluang intership di bidang pendidikan, khususnya dengan berbagai lembaga pendidikan di Ishikawa, Jepang", kata J. Mahameru.

Kerjasama dengan You-I Jepang ini semakin memantapkan kepercayaan dunia internasional terhadap Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ini juga menjadi bukti kepercayaan industri global terhadap kemampuan dan kualitas alumni Fakultas Humaniora di kancah internasional. [al]

 

 

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id