Achmad Syahrul Hidayatullah dan Fingky Kharisa Ramaputri Terpilih sebagai Jaka Rara Humaniora 2024

HUMANIORA – (28/5/2024) Sebanyak 10 finalis tampil memukau di Grand Final Jaka Rara Fakultas Humaniora 2024 yang digelar Ruang Teater Fakultas Humaniora, Kamis, 23 Mei 2024. Acara tersebut menandai puncak dari serangkaian seleksi ketat yang telah diikuti oleh para peserta sebelumnya.

Baca juga:

 Jaka rara 2

Dari sepuluh finalis yang bersaing, Achmad Syahrul Hidayatullah dinobatkan sebagai Jaka Fakultas Humaniora 2024, sementara gelar Rara Fakultas Humaniora 2024 jatuh kepada Fingky Kharisa Ramaputri. Keduanya yang merupakan mahasiswa Program Studi Sastra Inggris angkatan 2023, berhasil mengungguli pesaing mereka dengan menarik perhatian para juri dengan kemampuan dan pesona yang mengesankan. Penilaian dalam acara ini dipercayakan kepada dua juri, Dr. Abdul Basid, S.S., M.Pd., Kaprodi BSA, dan Ihda Filyatin Nabilah, M.Pd., Duta Hijab Jawa Timur.

Selain Achmad Syahrul dan Fingky Kharisa, ajang ini juga mengumumkan pemenang dalam beberapa kategori lainnya. Ahmad Zaqi Zidanul Karim dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (angkatan 2023) dan Shevy Indriana dari Program Studi Sastra Inggris (angkatan 2022) terpilih sebagai Wakil Jaka dan Rara Fakultas Humaniora 2024.

Untuk kategori Duta Zona Integritas, gelar ini diraih oleh Achmad Fauzi (Sastra Inggris 2022) dan Khoirutun Nisak (Sastra Inggris 2021), sedangkan Prayogi Prasetyo (Bahasa dan Sastra Arab 2023) dan Putri Syakinah (Sastra Inggris 2022) dianugerahi gelar Duta Berbakat.

Sementara itu, Kategori Duta Favorit yang didasarkan pada popularitas dan dukungan dari mahasiswa, diraih oleh Akbar Fariz Ramzi (Sastra Inggris 2022) dan Adisty Nadia Putri (Bahasa dan Sastra Arab 2023).

Grand Final ini dihadiri oleh sejumlah pejabat fakultas Humaniora, termasuk Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Halimi, M.Pd., Wakil Dekan Bidang AUPK Prof. Dr. Muassomah, M.Si., M.Pd., dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. Galuh Nur Rohmah, M.Ed., M.Pd., Pembina komunitas Pesona Fakultas Humaniora, Whida Rositama, M.Hum., serta segenap tamu undangan lainnya.

Menurut Dr. Abdul Basid, semua finalis menunjukkan performa yang luar biasa. "Para finalis sangat siap dan mampu menjawab pertanyaan juri dengan mengesankan. Mereka sangat keren," ujarnya, mengapresiasi kesiapan dan penampilan para peserta.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Halimi, berharap agar Jaka Rara yang terpilih dapat menjadi wajah representatif Fakultas Humaniora dalam berbagai kegiatan akademik dan kultural.

"Saya berharap mereka (finalis) dapat menjadi agen dalam memperkenalkan dan mempromosikan program-program unggulan fakultas di acara-acara internal maupun eksternal, baik di tingkat universitas maupun di forum-forum publik lainnya," harapnya.

Harapan senada juga disampaikan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Galuh Nur Rohmah. Ia menyatakan harapannya agar Jaka Rara dapat mendorong inovasi dalam kegiatan kemahasiswaan dan akademik di Fakultas Humaniora.

"Para finalis diharapkan bisa turut mendorong inovasi dalam kegiatan kemahasiswaan di fakultas. Mereka dapat mengajak mahasiswa untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan-tantangan baru di era digital," ujarnya.

Pemilihan Jaka Rara Fakultas Humaniora merupakan ajang tahunan yang bertujuan untuk memilih duta fakultas yang akan berperan aktif dalam memajukan fakultas melalui berbagai kegiatan akademik dan kultural.

Dengan terpilihnya Achmad Syahrul Hidayatullah dan Fingky Kharisa Ramaputri sebagai Jaka Rara Fakultas Humaniora 2024, diharapkan mereka dapat membawa Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menuju prestasi yang lebih gemilang dan dikenal lebih luas di kancah nasional maupun internasional. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id