Bangun Kemandirian di Era Global, Humaniora Tumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa

HUMANIORA – (7/5/2024) Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar kegiatan workshop entrepreneurship, Selasa, 7 Mei 2024. Kegiatan ini digelar di ruang rektorat lantai 5 dan dihadiri oleh ratusan mahasiswa Fakultas Humaniora dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab dan Sastra Inggris, dengan mengusung tema "Sarjana Sastra, Mau Jadi Apa?"

Baca juga:

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Galuh Nur Rohmah, M.Pd. dalam sambutannya menyatakan bahwa workshop ini merupakan kegiatan tahunan yang diinisiasi oleh Laboratorium Pembinaan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) Fakultas Humaniora dengan tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari keterampilan dasar tentang entrepreneurship. Ia juga menegaskan bahwa kegiatan seperti ini menjadi bagian dari budaya akademik Fakultas Humaniora yang selalu berinovasi dan relevan dengan tuntutan zaman.

Enter 9

Lebih lanjut, pihaknya menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen Fakultas Humaniora dalam  membekali mahasiswa dalam menyambut tantangan global. Ia menekankan urgensi workshop ini dalam memberikan insight bagi mahasiswa untuk menjajagi kemungkinan baru dalam dunia wirausaha, sekaligus meningkatkan daya saing pasca lulus kuliah.

“Mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneurship akan lebih siap menghadapi tantangan ini dengan kreativitas, inovasi, dan ketangguhan mental”, ujarnya.

Enter 6

Kegiatan ini turut menghadirkan dua narasumber inspiratif, yaitu penulis dan sastrawan, Mim Yudiarto, serta Komisaris Utama PT. Jawakarta Afkana Properti, Roli Maulidiansyah, S.S., yang merupakan alumni Fakultas Humaniora. Keduanya berbagi tentang keterampilan dasar tentang entrepreneurship, seperti perencanaan bisnis, manajemen keuangan, pemasaran, dan manajemen risiko, memberikan pengetahuan yang berguna bagi mahasiswa untuk mengembangkan usaha sendiri di masa depan atau berkontribusi pada bisnis keluarga atau perusahaan.

Enter 8

Para peserta diberi kesempatan untuk bertanya dalam sesi tanya jawab dan diskusi bersama para pemateri. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan talent entertainment yang menghadirkan musikalisasi puisi yang dibawakan oleh Tim Komunitas Pesona Fakultas Humaniora.

Acara workshop entrepreneurship ini mendapat sambutan positif dari para peserta. Mereka mengaku mendapatkan banyak manfaat dan pengetahuan baru tentang entrepreneurship dari kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pemahaman dan keterampilan yang cukup untuk merintis karir sebagai pengusaha yang sukses di masa depan, serta menjadi agen perubahan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi dan masyarakat. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id