Humaniora Giat Rapat Koordinasi Awal Tahun, Bidik Peningkatkan Kualitas Jurnal

HUMANIORA – (31/1/2024) Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar rapat koordinasi awal tahun untuk membahas strategi peningkatan manajemen publikasi ilmiah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas jurnal yang dikelola oleh Fakultas Humaniora, (31/1)

Baca juga:

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan utama, termasuk Dekan Fakultas Humaniora, Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua Rumah Jurnal UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, serta tim pengelola jurnal di lingkungan Fakultas Humaniora.

Dekan Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol, memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pengelola jurnal. Ia menekankan pentingnya menjaga semangat dan komitmen dalam mengelola jurnal dan mengajukan target ambisius untuk meningkatkan akreditasi.

"Harus memiliki cita-cita untuk meningkatkan akreditasi. Saya yakin tahun ini jurnal kebanggaan Fakultas Humaniora, Lingua, bisa meraih akreditasi internasional Scopus," ujar Dr. M. Faisol.

Tak hanya berharap Lingua masuk dalam jejeran jurnal terakreditasi Scopus, ia juga berharap jurnal lainnya seperti Paradigm, JaLi, Afshaha dapat meningkatkan akreditasi mereka tahun ini.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan juga menyatakan komitmennya untuk terus memberikan dukungan dalam meningkatkan kualitas publikasi ilmiah di lingkungan fakultas. Oleh karen itu, ia berharap para pengelola jurnal mampu membangun komunikasi strategis dalam meningkatkan manajemen pengelolaan jurnal di Fakultas Humaniora.

Selanjutnya, dalam rapat koordinasi awal tahun kali ini, tim jurnal menetapkan serangkaian agenda strategis. Dalam suasana kolaboratif, para pengelola jurnal dan staf fakultas bersama-sama merancang strategi baru yang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan pada dunia ilmiah.

Salah satu poin penting dari rapat tersebut adalah ambisi untuk mencapai pengakuan internasional, terutama melalui peningkatan akreditasi jurnal-jurnal yang dikelola oleh Fakultas Humaniora. Melalui upaya ini, fakultas berharap dapat meraih pengakuan dari skala global, khususnya dengan mencapai akreditasi Scopus. Pencapaian ini tidak hanya akan meningkatkan reputasi fakultas tetapi juga memberikan dampak positif yang lebih luas pada dunia akademis.

Rapat koordinasi ini juga menunjukkan komitmen pengelola jurnal dalam memperkuat kolaborasi dan komunikasi di antara para pengelola jurnal. Pemahaman yang lebih baik antar tim diharapkan akan mengoptimalkan manajemen pengelolaan jurnal, menjadikannya lebih responsif dan efektif terhadap perubahan serta perkembangan terkini. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id