STAB Kertarajasa Kunjungi Humaniora: Sinergi Harmoni Kemanusiaan dan Moderasi Beragama

HUMANIORA – (8/12/2023) Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa, Kota Batu mengunjungi Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada Jumat, 8 Desember 2023. Pihak STAB Kertarajasa yang hadir terdiri dari dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STAB Kertarajasa.

Baca juga:

STAB 2

Rombongan dari STAB Kertarajasa yang dipimpin oleh Ketua Rumah Moderasi beragama (RMB) STAB, Herman, S.Pd.B., MM., disambut langsung oleh pimpinan Fakultas Humaniora, yang diwakili Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Dr. Galuh Nur Rohmah didampingi segenap dosen dan mahasiswa Fakultas Humaniora, di ruang teater Fakultas Humaniora lantai tiga.

Dalam kesempatan tersebut, Herman, S.Pd.B., MM. menyampaikan maksud kunjungannya ke Fakultas Humaniora.  Pihaknya bermaksud untuk menjalin silaturahmi dan mengenal lebih dekat kehidupan akademik Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yang merupakan bagian dari lembaga pendidikan Islam di Kota Malang.

STAB 1

"Kami memiliki harapan besar untuk membangun silaturahmi, lebih mendalam memahami Fakultas Humaniora dan nilai-nilai kemanusiaan. Kami sangat berkeinginan untuk belajar dan berkomitmen menghargai perbedaan guna memperkuat kesatuan NKRI," ungkapnya.

Menanggapi maksud kunjungan STAB Kertarajasa, Dr. Galuh menyampaikan bahwa Fakultas Humaniora selalu terbuka untuk berbagi informasi dan menjalin kerjasama, terutama dalam pengembangan akademik, penguatan institusi, maupun kegiatan kemahasiswaan.

Dalam konteks pentingnya moderasi beragama, Dr. Galuh juga menyinggung perlunya menjaga keseimbangan antara kebebasan beragama, melihat Indonesia masyarakatnya sangat religius dan sekaligus majemuk. Menurutnya tugas setiap anak bangsa adalah menjaga keseimbangan dan komitmen kebangsaan demi memperkuat cinta tanah air.

Acara berlanjut dengan sesi diskusi dan dialog tentang sharing pengalaman pengelolaan kegiatan kemahasiswaan, yang disampaikan oleh Ketua DEMA Fakultas Humaniora, Labib Bara Ramadhan. Labib menyampaikan urgensi berorganisasi bagi mahasiswa, mendorong keterlibatan aktif dalam berbagai kegiatan akademik, dalam rangka membangun mental dan kesiapan menyambut tantangan zaman. Ia juga menekankan pentingnya mahasiswa untuk menjunjung tinggi nilai humanisme agar tidak terseret menghadapi derasnya arus globalisasi.

Sesi diskusi dan tanya jawab diakhiri dengan antusiasme peserta yang terlihat begitu bersemangat menjelajahi berbagai aspek kehidupan akademik, sosial, dan keagamaan antar mahasiswa. Pertemuan ini tidak hanya menciptakan sinergi antara dua institusi pendidikan berbeda, tetapi juga merangkul nilai-nilai kemanusiaan dan moderasi beragama sebagai fondasi kuat bagi generasi penerus. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id