University of Utah dan USAID TEMAN LPDP Kunjungi Humaniora, Berikan Tawaran Kerjasama

HUMANIORA – (6/12/2023) Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mendapatkan kunjungan tamu istimewa dari Negeri Paman Sam, University of Utah dan USAID TEMAN LPDP, pada Selasa pagi, 5 Desember 2023. Kehadiran mereka tidak hanya sekadar kunjungan, namun juga membawa angin segar kerjasama potensial dengan Fakultas Humaniora.

Baca juga:

Dalam kunjungan tersebut, delegasi dari University of Utah Amerika Serikat, diwakili oleh Professor Luming Mao (Chair of Writing and Rhetoric Studies) dan Cheri Daily (Execurtive Director, Global Program Development, Marketing and Communication).

Utah 21

Sementara itu, dari pihak USAID TEMAN LPDP diwakili oleh Yos Sudarso Usman Putra (Technical Lead – Scholarship Management) dan Ismiati Farahnasy (MEL Specialist). Keduanya didampingi Zaki M. Zulkarnain, Advisor Education USA Malang. 

Rombongan tamu luar negeri tersebut diterima secara langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Galuh Nur Rohmah, Wakil Dekan Bidang Keuangan, Dr. Muasshomah, M.Si, serta Ketua Program Studi Sastra Inggris, Ribut Wahyudi, Ph.D. di ruang dekanat Fakultas Humaniora lantai satu.  

Dalam pertemuan tersebut, Cheri Daily secara tegas menyampaikan niat baik kunjungan mereka, yakni untuk menjajaki potensi kerjasama dengan Fakultas Humaniora. Ia membuka peluang kerjasama dalam bentuk yang beragam, termasuk pertukaran mahasiswa, dosen, dan kolaborasi penelitian.

Sementara Professor LuMing Mao dalam sambutannya turut menguatkan maksud kunjungan Mereka di akhir tahun 2023 ini. Ia menyinggung program Short Course untuk mahasiswa S1 dan keberadaan Pusat Kajian Timur Tengah di University of Utah. Ia juga menyatakan keyakinannya bahwa kerjasama dengan Fakultas Humaniora bisa membawa manfaat besar, terutama dalam penguatan akademik bagi dosen dan mahasiswa.

Menanggapi maksud kunjungan tamu asing tersebut, Dr. Galur Nur Rohmah menyambut baik tawarkan Kerjasama yang ditawarkan. Ia menyatakan keterbukaan Fakultas Humaniora untuk menjalin kerjasama internasional. Ia merinci keberhasilan kerjasama dengan pihak luar, termasuk program Humaniora International Youth Enhancing Study (IYES), Humaniora International Masterclass for Overaching View and Expertise (I-MOVE), dan Humaniora International Career Access Network (I-CAN).

Sementara itu, Ketua Program Studi Sastra Inggris, Ribut Wahyudi, Ph.D, turut menyoroti kerjasama yang telah dibangun dengan tokoh-tokoh internasional, menegaskan reputasi Fakultas Humaniora dalam jaringan internasional. Lebih lanjut ia juga memberikan saran bagi para kolega untuk mengkomunikasikan kunjungan delegasi dari University of Utah ke Kementrian Agama, menciptakan peluang kerjasama lebih lanjut.

“Kami telah menggelar serangkaian konferensi internasional dan Program International Scholar Engagment yang melibatkan relasi kami dari berbagai universitas di seluruh dunia”, ujarnya.

Pertemuan pagi itu ditutup dengan suasana keakraban disertai harapan tinggi dari kedua belah pihak. Diharapkan kunjungan ini menjadi awal dari kerjasama yang saling menguntungkan di masa depan. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id