DEMA Humaniora Adakan Fesbud, Angkat Topik Harmoni Multikultural

HUMANIORA – (23/11/2023) Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar Festival Budaya 2023, pada 17 hingga 22 November 2023. Kegiatan tahunan mahasiswa ini mengangkat tema Harmoni Multikultural: Ngareksa Kasugihan ing Budaya.

Baca juga:

Fesbud 2023 diselenggarakan di dua tempat, ruang theater dan auditorium Fakultas Humaniora. Acara ini diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan, baik mahasiswa internal maupun eksternal, dari tingkat SLTA hingga perguruan tinggi.

Dalam sambutannya, Ketua DEMA Fakultas Humaniora, M. Labib Bara Ramadhan, menyinggung realitas budaya mahasiswa di era disrupsi. Menurutnya, mahasiswa harus siap menghadapi era disruptif, di mana perubahan dan inovasi terjadi secara massif. Ia juga mengajak mahasiswa untuk bersama mengembangkan cara berfikir kritis, kreatif, dan dewasa melalui organisasi.

“Mari membangun organisasi yang baik, sebagai wadah pengembangan diri dan melatih kedewasaan. Critical dan creative thinking merupakan hal utama dalam mewujudkan budaya mahasiswa yang baik,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Fesbud 2023, Alif Zakaria, menyatakan bahwa Fesbud 2023 kali ini mendapatkan perhatian yang antusias, tak hanya dari kalangan mahasiswa internal, namun juga dari luar kampus UIN Malang. Ia berharap Kegiatan ini dapat menjadi ajang bagi mahasiswa dalam melestarikan budaya Indonesia.

“Alhamdulillah, animo peserta cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan ini. Total peserta sebanyak 403, dari dalam dan luar kampus. Semoga even ini dapat menjadi sarana yang baik dalam menggugah semangat kita menjaga kelestarian budaya kita,” ujarnya.

Peserta Fesbud 2023 mengikuti berbagai lomba, seperti lomba baca puisi, monolog, dan lomba tari untuk eksternal. Sedangkan untuk internal terdapat serangkaian lomba seperti rangking 1, musik, serta lomba futsal.

Tak hanya menampilkan topik budaya, Fesbud 2023 juga menggelar perlombaan olahraga, yakni futsal, yang dilaksanakan sejak Jumat hingga Minggu, 17-19 November 2023, bertempat di Nicky Mira, Malang.

Acara puncak Fesbud 2023 ditutup dengan penampilan seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Acara ini berlangsung meriah dan dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan.

Dengan mengangkat tema Harmoni Multikultural, Fesbud 2023 diharapkan dapat menjadi sarana untuk melestarikan dan mempromosikan budaya Indonesia, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keragaman budaya. [labib]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id