J. Mahameru: Jadi Pengusaha Sukses, Kenali Diri, Buat Dampak Positif, dan Tingkatkan Kompetensi

HUMANIORA – (22/11/2023) Untuk menjadi pengusaha sukses, dibutuhkan upaya maksimal, waktu, serta kemampuan mengeksekusi visi dan target. Hal itu disampaikan narasumber, J. Mahameru, M.Sc., M.Litt. di hari pertama Humaniora International Career Access Network (I-CAN) 2023 (21/11).

Baca juga:

Dalam materinya, J. Mahameru menekankan pentingnya para calon pengusaha mengenali diri, potensi yang dimiliki, serta tujuan berbisnis. Ia juga mengajak para peserta untuk menjadi pengusaha yang problem solver, yang mampu memberikan dampak positif kepada orang lain.

"Bisnis harus memberikan dampak terhadap orang lain di sekitarnya. Harus terbiasa hadir memberikan solusi," kata J. Mahameru.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur PT. CAP Indonesia tersebut juga berbagi pengalamannya menjadi pebisnis di tingkat global. Melalui perusahaannya yang bergerak dalam bidang fashion dan merek garmen Indonesia, ia telah mampu mengeksplorasi dan menembus pasar global.

Untuk tampil dalam bisnis global, J. Mahameru membagikan informasi tentang tahapan berbisnis. Ia menjelaskan tahapan mulai business matching and dealing, strategi berjejaring dan berpasangan, eksekusi, hingga pengembangan produk.

"Keempat tahapan ini memerlukan kompetensi yang baik dalam membangun jejaring dan kemitraan, kebutuhan pasar, serta memahami standar dan jaminan kualitas produk," kata J. Mahameru.

Lebih lanjut, agar pengusaha mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan, ia menekankan pentingnya meng-upgrade wawasan, skills, serta keinginan kuat untuk meng-eksplorasi potensi diri. Ia juga menyoroti hal yang tak kalah pentingnya, yakni menguasai teknologi.

"Terlebih saat ini kita masuk era digital. Teknologi harus kita kuasai," tegas J. Mahameru.

Materi bisnis yang disampaikan oleh J. Mahameru diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para mahasiswa untuk menjadi pengusaha sukses, tak hanya di tingkat regional namun juga mampu di dunia global. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id