100 Mahasiswa Humaniora Ikuti Ujian Sertifikasi Pemandu Wisata Profesional

HUMANIORA (15/11/2023)  Sebanyak seratus mahasiswa Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengambil bagian dalam ujian sertifikasi sebagai Pemandu Wisata Profesional, pada Selasa dan Kamis, 14 dan 16 November 2023. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Maestro ini berlangsung selama dua hari, di Same Hotel Malang, Jl. Patimura No.19, Kota Malang.

Baca juga:

Ujian BNSP2

Ujian sertifikasi ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan Ikatan Pemandu Museum Indonesia (IPMI). Selama dua hari, peserta mengikuti serangkaian uji sertifikasi dengan skema Kepemanduan (Tour Guide). Proses ujian mencakup tes tulis, lisan, dan wawancara yang dijalani para peserta di hadapan para asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Tes tulis memuat materi-materi terkait kepemanduan wisata, melibatkan 19 skema kepemanduan wisata seperti sejarah, budaya, dan objek wisata di Malang Raya. Sementara itu, tes wawancara dirancang untuk mengukur kemampuan peserta dalam memberikan penjelasan dan informasi mengenai objek wisata kepada para wisatawan.

Dekan Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol, mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Ia berharap sertifikasi yang diperoleh oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Humaniora akan menjadi modal penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di fakultas tersebut. Selain itu, sertifikasi ini diharapkan dapat membuka peluang kerja, terutama bagi mahasiswa di bidang kepemanduan wisata di masa depan.

"Kami berharap, dengan adanya sertifikasi ini, para mahasiswa Fakultas Humaniora dapat menjadi pemandu wisata yang profesional dan kompeten dalam melayani para wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang dan sekitarnya," ujarnya.

Sertifikasi Kompetensi ini juga sejalan dengan upaya mendukung program pemerintah melalui Program Management Service for Certification of Tourism Human Resource Tahun Anggaran World Bank 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui LSP Pramindo dan bekerjasama dengan IPMI. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id