Kuliah Eksklusif Bersama Ekspert Internasional dalam Humaniora I-MOVE

HUMANIORA – (20/10/2023) Suasana berbeda nampak di Ruang Laboratorium Bahasa Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Kamis sore, 19/10.  Pasalnya, sebanyak duapuluh mahasiswa terpilih dari Fakultas Humaniora mendapat kesempatan secara langsung kuliah bersama ekspert, Dr. Azhar Ibrahim, dari National University of Singapore (NUS) dalam program spesial, International Masterclass for Overaching View and Expertise (I-MOVE).

Baca juga:

Kehadiran dosen senior dari Department of Malay Studies, NUS ini membuat atmosfer akademik di Fakultas Humaniora semakin berkualitas. Selama sesi ini, Dr. Azhar tidak hanya menyampaikan materi akademik seperti halnya kuliah umum. Lebih dari itu, dia memfasilitasi diskusi eksklusif dengan mahasiswa tentang relevansi sastra, budaya, dan pemikiran para ulama nusantara dalam konteks masa kini.

Kuliah eksklusif ini tidak hanya menjadi ruang bagi para mahasiswa untuk berdiskusi, tetapi juga sebagai peluang pembuka untuk kerja sama lebih lanjut antara Fakultas Humaniora dan NUS dalam bentuk lokakarya dan penelitian bersama, yang akan memperkaya kolaborasi internasional.

Salah satu peserta I-MOVE, Mellinda Raswari Jambak, berbagi pengalamannya. Ia mengatakan bahwa program I-MOVE memiliki manfaat luar biasa. Selain membuka wawasan dalam ilmu humaniora, program ini juga mengajarkan keterampilan berpikir cepat dan kritis dalam menghadapi isu-isu kontemporer, khususnya dalam ranah bahasa dan sastra.

“Ini sungguh bermanfaat bagi kami. Kami mendapat banyak pengalaman menarik terkait goals, tokoh-tokoh berpengaruh dari Jawa, santri dan kitab kuning, bahasa Melayu, serta cara berpikir kritis dan cepat," ungkap Mellinda.

Kuliah eksklusif ini menjelaskan betapa pentingnya menjalin koneksi dengan para ekspert internasional dalam mengembangkan pemahaman dalam ilmu humaniora yang relevan dengan zaman kita saat ini. Program I-MOVE adalah langkah awal yang menjanjikan untuk kolaborasi yang lebih luas dalam penelitian dan perkembangan akademik di Fakultas Humaniora UIN Malang. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id