Rektor Prof. Zainuddin Ajak Ambil Ibrah dari Sosok Almarhum KH. Chamzawi

HUMANIORA – (22/9/2023) Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah kampus Ulul Albab, yang mempunyai tradisi memperingati tokoh kampus yang telah tiada untuk diambil pelajaran yang baik. Saat mengenang sosok yang telah tiada, selayaknya kita harus selalu mengambil ibrah dari sosok yang kita peringati.

Baca juga:

 

40 Hari KH Chamzawi 1a

Hal itu diungkapnkan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA. Dalam acara Doa Bersama Mengenang Almarhum KH. Chamzawi Bin Syaechon, serta Peluncuran Buku "Guru Mukhlis, Pengayom Umat: Khidmah dan Keteladanan KH. Chamzawi Bin Syaechon", yang diselenggarakan pada Jumat, 22 September 2023 di ruang teater Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dalam sambutannya, Rektor Prof. Zainuddin mengajak seluruh undangan yang hadir untuk mengambil ibrah dari almarhum KH. Chamzawi. Pria asal kota Bojonegoro tersebut menilai bahwa sosok almarhum merupakan pribadi yang mempunyai keteladanan yang patut dicontoh.

40 Hari KH Chamzawi 2a

“Beliau adalah orang yang sabar, qonaah, zuhud, ikhlas, kitmanu sirrin, dan sa'atu sodrin. Di dalam diri beliau terdapat ketujuh sifat baik ini”, tuturnya.

Selain menjadi teladan dalam luhurnya kepribadian almarhum, Rektor Prof. Zainuddin juga menyatakan bahwa almarhum KH. Chamzawi adalah orang yang berjasa tehadap kampus ini, terutama di Ma'had.

“Meski beliau sepuh, namun masih telaten membimbing mahasantri, dan mau tinggal di rumah dinas yang sekecil dan sederhana. Beliau tidak pernah mengeluh”, imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Rektor menyampaikan terimakasih kepada Fakultas Humaniora dan  KAFAHUMA yang telah memprakarsai tokoh kita yang sudah meninggal untuk membuat buku Manaqib sebagai sebuah kesaksian dan pelajaran inspiratif. Ia berharap semoga kita semua yang masih hidup diberi kekuatan untuk meneladani kebaikan almarhum.

“Semoga buku ini menjadi saksi kebaikan beliau. Insyallah, surga menjadi tempat beliau kembali”, pungkasnya mengakhiri sambutan. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id