IKAFAHUMA Luncurkan Buku Guru Mukhlis, Pengayom Umat: Khidmah dan Keteladanan KH. Chamzawi Bin Syaechon

HUMANIORA – (22/9/2023) Ikatan Alumni Fakultas Humaniora (IKAFAHUMA) bekerjasama dengan Fakultas Humaniora dan PCNU Kota Malang menggelar peluncuran buku "Guru Mukhlis, Pengayom Umat: Khidmah dan Keteladanan KH. Chamzawi Bin Syaechon". Acara peluncuran buku ini diselenggarakan bertepatan dengan peringatan 40 hari berpulangnya almarhum KH. Chamzawi,  Jumat, 22 September 2023 di ruang teater Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Baca juga:

 

40 Hari KH Chamzawi 2aa

Doa bersama ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi IKAFAHUMA terhadap figur KH. Chamzawi, yang sekaligus dosen kharismatik di Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang wafat pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UIN Maliki Malang, para ulama, tokoh masyarakat, dosen dan tenaga kependidikan, santri, serta keluarga dan kolega almarhum. Acara tersebut dibuka dengan pembacaan sholawat burdah dan tahlil, yang dipimpin oleh KH. Abdullah Zainur Rouf, M.HI., dilanjutkan dengan serangkaian sambutan dan testimoni.

Penerbitan buku ini sebagaimana disampaikan Ketua IKAFAHUMA, Ahmad Faiz Wildan, SS, M. Sos., merupakan bentuk penghargaan terhadap kiprah dan pengabdian almarhum sebagai seorang guru, ulama, dan tokoh inspiratif dalam dunia pendidikan di Indonesia. Ia berharap buku ini menjadi inspirasi bagi para pembaca untuk mengikuti jejak perjuangan almarhum dalam mengayomi umat dan memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat.

“Buku ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca untuk mengikuti jejak keteladanan almarhum dalam hal kecintaan pada pendidikan dan budaya”, ujar Faiz Wildan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol secara terpisah menyampaikan terimakasih kepada IKAFAHUMA yang telah menginisiasi kegiatan ini. Ia juga mendukung upaya IKAFAHUMA dalam menghasilkan karya buku sebagai kesaksian atas keteladanan almarhum KH. Chamzawi.

“Terimakasih atas jerih payah alumni atas inisiasi, telah mempersembahkan buku, sebagai sebuah tradisi akademis, sekaligus saksi bahwa almarhum adalah orang baik”, tegasnya.

Buku "Guru Mukhlis, Pengayom Umat: Khidmah dan Keteladanan KH. Chamzawi Bin Syaechon" menggambarkan perjalanan hidup KH. Chamzawi dan pengaruhnya yang luas dalam mendidik generasi muda. Buku setebal 382 halaman ini merupakan hasil kerja sama dari 86 kontributor yang berasal dari berbagai kalangan, termasuk santri, kolega, keluarga, dan tokoh masyarakat. Buku ini akan menjadi sumber inspirasi bagi semua yang mengenal Abah dan akan menyajikan wawasan yang berharga tentang pengabdian dan keteladanan.

KH. Chamzawi Bin Syaechon, atau yang akrab disapa Abah, dikenal bukan hanya sebagai seorang pendidik yang karismatik, tetapi juga sebagai teladan bagi keluarga, santri, dan kolega. Sikap penyabar dan ramahnya telah menjadikan Abah sebagai sosok yang tak terlupakan di mata masyarakat. Kedekatannya dengan berbagai kalangan, sikap tawaddu' dan pengetahuannya yang mendalam menjadikan Abah sebagai panutan, terutama di Kota Malang. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id