Raih Beasiswa Student Mobility di Buffalo State University, Simak Pengalaman Mahasiswa Humaniora Berikut

HUMANIORA - (15/9/2023) Sebanyak empat mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Humaniora, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Malang berhasil mendapatkan kesempatan berkuliah di Buffalo State University, New York, Amerika Serikat, selama satu semester penuh. Keempat mahasiswa tersebut adalah Balya Muhammad Izzat, Aulia Nailufar Firdausi Aziz, Muhammad Farhan Abdillah Arif, dan Riska Andriani. Mereka adalah mahasiswa aktif semester 7 yang lolos melalui ketatnya seleksi beasiswa MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) yang merupakan program kerjasama antara Kementerian Agama Republik Indonesia dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Baca juga:

Salah satu peserta lolos, Riska Andriani menyatakan untuk meraih beasiswa ini tergolong tidak mudah. Selain harus memiliki sertifikat TOEFL/IELTS/Duolingo,  jangka waktu pendaftaran yang tidak lama dan bersamaan dengan musim Ujian Akhir Semester membuat mahasiswa Sastra Inggris ini sedikit kewalahan untuk mempersiapkan persyaratan. Ditambah lagi, proses seleksi wawancara yang dilakukan di tengah masa Praktik Kerja Lapangan membuat kesulitan mengatur waktu mereka. mereka  tidak menyerah begitu saja karena ini merupakan kesempatan yang tidak mungkin disia-siakan.

Namun usaha keras yang dilakukan keempat mahasiswa ini membuahkan hasil yang menggembirakan. Mereka mendapatkan pengumuman bahwa mereka diterima untuk program beasiswa MOSMA. Di sisi lain, keempat mahasiswa itu masih harus memperjuangkan Letter of Acceptance (LoA) di universitas tujuan masing-masing.

Riska yang sejak awal sudah mendaftar di Buffalo State University mendapatkan LoA-nya lebih dulu. Sementara Aulia dan Farhan yang sebelumnya dinominasikan untuk mendaftar ke Columbia University, tetapi karena satu dua hal akhirnya diarahkan oleh tim MOSMA untuk mendaftar di Buffalo State University. Begitu juga dengan Balya yang awalnya mendaftar di Rochester University, berpindah ke Buffalo State University karena perubahan skema keberangkatan untuk kampus tersebut. Pada 8 Agustus 2023, ketiga mahasiswa itu akhirnya mendapat LoA dan resmi diterima di Buffalo State University.

Buffalo State Univeristy adalah kampus yang merupakan salah satu SUNY atau State University of New York, yang berada di kota Buffalo, New York State. Di sana empat mahasiswa tersebut mengambil tidak hanya mata kuliah yang berhubungan dengan mata kuliah mereka di UIN Malang, namun juga beberapa mata kuliah atau courses yang sedikit bersinggungan maupun lintas jurusan. Beberapa mata kuliah yang inline dengan jurusan mereka seperti Short Story, Literary Movement, British Literature dan lain sebagainya.

Sementara itu, mereka juga mengikuti courses yang tidak ada sangkut pautnya dengan jurusan mereka, seperti Introduction to Logic, Dance Appreciation, dan Economic Histories of The United States. Meskipun begitu, para mahasiswa sangat entusias terhadap materi pengajaran dan pengalaman baru yang mereka dapatkan.

Tak hanya mengenyam pendidikan di kelas, mereka juga mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh klub-klub yang berada di Buffstate, seperti Totebag writing yang diselenggarakan oleh Muslim Student Association di kampus ini. Mereka juga mengikuti International Students Associations yang didalamnya terdapat banyak kegiatan-kegiatan yang akan diselenggaran dan tentu interaksi sosial yang hangat terhadap mahasiswa-mahasiswa internasional lain yang berada di luar US yang ada di dalam klub Internasional tersebut. [red]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id