Bentuk Formasi Ulul Albab, Mahasiswa Baru Resmi Dikukuhkan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

HUMANIORA – (21/8/2023) Senin, 21 Agustus 2023 menjadi momen bersejarah bagi mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang angkatan 2023. Secara resmi mereka dikukuhkan oleh Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, dalam acara pembukaan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) yang digelar di lapangan utama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Baca juga:

Upacara pembukaan PBAK diawali dengan atraksi barisan yang membentuk formasi Ulul Albab. Ulul Albab ini menjadi spirit bagi kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang bertekad membentuk generasi bangsa yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.

Suasana riuh peserta PBAK semakin nampak saat Rektor baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, beserta jajaran pimpinan lainnya memasuki arena lapangan. Sesaat kemudian, seremoni pembukaan dimulai, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan resmi PBAK oleh Ketua Senat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag.

ulul albab22

Dalam pidatonya, Rektor Prof. Dr. H. M. Zainuddin memberikan sambutan hangat kepada para mahasiswa baru, mengucapkan selamat datang, dan menjelaskan tantangan serta peluang yang dihadapi di era revolusi teknologi dan informasi saat ini.

"Kalian adalah generasi yang akan menghadapi perubahan pesat di berbagai bidang. Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya dan menjadi pribadi yang tangguh serta siap menghadapi berbagai tantangan. Selamat bergabung di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kalian adalah calon pemimpin bangsa", tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Beliau juga berharap para mahasiswa baru dapat belajar dengan giat dan tekun. Menurutnya, proses perkuliahan adalah landasan yang akan membentuk pribadi yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Dengan langkah tegap dan semangat, mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang angkatan 2023 siap memulai perjalanan pendidikan mereka. Dengan dukungan dari kampus dan lingkungan akademik yang kondusif, mereka akan menapaki jalan menuju ilmu pengetahuan dan kontribusi yang berarti bagi bangsa dan negara.

Dalam dua hari ke depan, mahasiswa baru akan mengikuti serangkaian kegiatan PBAK pada tingkat universitas, di mana mereka akan diberikan orientasi akademik secara umum. Sementara, PBAK pada tingkat fakultas akan dimulai pada Rabu hingga Kamis mendatang. Secara lebih spesifik mahasiswa baru Fakultas Humaniora akan mendapatkan wawasan akademik kefakultasan.

ulul albab21

Sebagai generasi yang akan membawa estafet perubahan, mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang angkatan 2023 diharapkan akan membuktikan keberanian dan ketangguhan mereka dalam menghadapi setiap tantangan. Dengan semangat Ulul Albab, mereka akan menjadi pelopor perubahan positif dalam masyarakat dan menjadi aset berharga bagi masa depan bangsa. [ai]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id