Humaniora I-YES 2023 Dibuka, Diikuti 12 Peserta Mancanegara

HUMANIORA – (7/8/2023) Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dengan bangga membuka program International Youth Enhancing Study (I-YES) 2023, pada 7 Agustus 2023. Acara ini berlangsung meriah di ruang teater Fakultas Humaniora lantai 3 dan dihadiri oleh 12 mahasiswa asing yang berasal dari berbagai mancanegara.

Baca juga:

I Yes 2023 peserta hadirin

Peserta I-YES tahun 2023 merupakan mahasiswa dari berbagai belahan dunia, yang datang dari negara-negara seperti Zimbabwe, Pakistan, Sudan, Afghanistan, Uganda, Singapore, Kyrgyz Republic, Bangladesh, Yaman, dan Nigeria. Keberagaman mahasiswa asing ini memberikan semangat baru dalam menghadapi era globalisasi dan meningkatkan kerjasama antarbudaya dalam dunia pendidikan.

Turut hadir dalam acara pembukaan, segenap sivitas UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dari unsur dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, serta mitra sponsor yang turut mendukung pelaksanaan kegiatan I-YES 2023, seperti PT. Cahaya Abadi Pratama Indonesia, Bank Syariah Indonesia, dan Duta Budaya Kota Malang.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. M. Faisol, selaku Dekan Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, menyampaikan bahwa Program I-YES 2023 merupakan bagian dari visi misi fakultas yang berupaya mencapai pendidikan berwawasan global. Dalam era digital seperti sekarang, pendidikan berwawasan global menjadi sangat penting dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang terjadi di dunia.

"Pendidikan berwawasan global adalah kunci untuk menghadapi perubahan dan tantangan di era digital ini," ujar Dr. M. Faisol.

Ia juga menambahkan, “Kolaborasi antarbudaya menjadi bagian penting bagi kita untuk bisa bertahan dan bersaing di tingkat internasional. Program I-YES merupakan salah satu cara bagi kita untuk mengenalkan kepada mahasiswa tentang pentingnya membangun jejaring antara fakultas di bidang humaniora dengan dunia luar." Tuturnya di hadapan para peserta yang hadir di ruang teater.

Dalam pandangan Dr. M. Faisol, sangat mungkin bahwa para alumni Fakultas Humaniora akan bekerja di luar negeri atau bekerja di perusahaan asing. Oleh karena itu, menghadapi dunia yang semakin global tidak bisa dihindari, melainkan harus dihadapi dengan semangat kreatif dan inovatif.

"Kreativitas adalah bagian penting bagi kita untuk bisa eksis di dunia yang semakin kompleks ini," tambahnya. Dengan mengembangkan kreativitas, para mahasiswa Fakultas Humaniora akan memiliki daya saing yang tinggi dan mampu berkontribusi dalam skala global”, imbuhnya.

Dengan Program I-YES 2023, Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berkomitmen untuk memberikan kesempatan berharga kepada mahasiswanya untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan perspektif yang inklusif. Melalui kolaborasi antarbudaya dan eksposur terhadap lingkungan internasional, diharapkan para mahasiswa akan semakin siap menghadapi tantangan masa depan dalam dunia yang semakin terhubung secara global.

Acara pembukaan I-Yes 2023 juga dimeriahkan oleh penampilan tari Jathil dari komunitas Srikandi UIN Malang. Jathil merupakan tarian yang menggambarkan ketangkasan prajurit  berkuda yang sedang berlatih di atas kuda. Ketangkasan dan  kepiawaian dalam berperang di atas kuda ditunjukkan dengan  ekspresi atau semangat sang penari. Penampilan tari ini menggambarkan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia, sebagai bentuk sambutan hangat untuk para mahasiswa asing yang datang dari berbagai belahan dunia.

Kegiatan pembukaan Humaniora I-YES 2023 ditutup dengan pembacaan doa oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Halimi. Peserta mengikuti kegiatan pembukaan dengan tertib dan hidmat.

Diharapkan, program ini menjadi batu loncatan bagi pertukaran ilmu dan kebudayaan yang lebih luas, membuka pintu bagi kolaborasi yang erat, serta mewujudkan dunia yang lebih harmonis dan penuh penghargaan terhadap keberagaman. Dengan semangat kebersamaan, mahasiswa asing dan civitas akademika Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang akan menjalani program studi yang berharga ini untuk masa depan yang lebih cemerlang dalam menghadapi tantangan global. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id