Humaniora Jalin Kerja Sama Dengan BP2MI, Siap Kembangkan Kapasitas Bagi Mahasiswa dan Alumni

HUMANIORA - (4/8/2023) Fakultas Humaniora melakukan pertemuan dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) pada Jumat 4 Agustus 2023. Pertemuan ini dilakukan dalam rangka menjalin kerja sama antara kedua institusi.

Baca juga:

skripsiq1

Pertemuan yang diselenggarakan secara online ini dipandu langsung oleh Novi Rocansama selaku perwakilan dari BP2MI. Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas akademik dan penelitian. Ini dapat meliputi pengembangan kurikulum bersama, pertukaran fakultas dan mahasiswa melalui program magang, peningkatan mutu pembelajaran, serta penelitian kolaboratif mengenai kondisi dan tantangan yang dihadapi oleh pekerja migran.

Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Galuh Nur Rochmah, M.Pd. menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari upaya fakultas untuk pengembangan kapasitas (kompetensi) bagi mahasiswa, utama menjadi tempat magang bagi mereka.

“Sebelumnya, kami sangat berterima kasih pada BP2MI. Saat ini mahasiswa Humaniora sedang melakukan magang di BP2MI walau belum ada MoU hitam di atas putih. Pertemuan ini untuk mengkonkritkan MoU bagi kedua belah pihak,” ujarnya.

Sementara itu, Novi Rocansama selaku perwakilam dari Biro Perencanaan dan Kerja Sama BP2MI menyambut baik atas inisiasi Fakultas Humaniora yang sudang mengirim mahasiswa untuk magang di BP2MI, utamanya yang ada di daerah-daerah.

“Terima kasih sudah mempercayai kami. Kesempatan ini kami akan menunjukkan draft MoU antara Lembaga kami dan Humaniora,” tegasnya.

Lebih dari itu, Jo Brahmanto salah satu staf di Biro Perencanaan dan Kerja Sama BP2MI yang juga turut hadir dalam pertemuan, menambahkan bahwa kerja sama ini diharapkan tidak saja berkaitan dengan kegiatan-kegiatan formal, tetapi juga membuka peluang bagi alumni untuk bergabung dalam BP2MI.

“Kami juga membuka pintu lebar bagi lulusan Fakultas Humani yang ingin berkecimpung dalam urusan pegawai migran,” tegasnya. [ai]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id