Bincang Bareng Bersama Mahasiswa, Prodi BSA Bebaskan Pilih Jurnal atau Skripsi

HUMANIORA – (21/3/2024) Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar acara "BINCANG BARENG: Pra al-Mukhayyam al-Araby dan Penentuan Pilihan Tugas Akhir (Skripsi atau Jurnal)" di Ruang Home Theater Fakultas Humaniora Lantai 3. Kegiatan tersebut dihadiri oleh mahasiswa Prodi BSA angkatan tahun 2021.

Baca juga:

Basid2

Ketua Program Studi BSA, Dr. Abdul Basid, S.S., M.Pd, menyatakan bahwa acara tersebut merupakan upaya Prodi dalam memberikan arahan kepada mahasiswa mengenai langkah-langkah yang perlu diambil untuk memastikan kelulusan tepat waktu.

“Kami mengundang mahasiswa untuk sharing tentang tema-tema yang cocok untuk tugas akhir, baik itu skripsi atau jurnal”, ujarnya.

Selain itu, Kaprodi juga menekankan tema yang akan diambil penelitian mahasiswa merupakan tema yang update, dan mengandung unsur kebaruan.

“Memilih tema yang memiliki relevansi dan kebaruan juga perlu. Kami juga merekomendasikan beberapa tema penelitian yang masih relevan, serta tema-tema yang sebaiknya dihindari”, imbuhnya.

Basid3

Kegiatan bincang santai ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Humaniora, Dr. Halimi, M.Pd. Pihaknya berharap mahasiswa semester enam sudah mulai menyusun langkah taktis agar bisa lulus tepat waktu.

“Jurnal atau skripsi keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Mumpung masih awal, sebaiknya dipersiapkan dengan baik”, tuturnya.

Tidak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan dengan kehadiran beberapa mahasiswa yang telah meraih prestasi sebagai penulis di Jurnal Sinta, seperti Betty Ayunda Wulandari, Mellinda Raswari Jambak, dan Lulu Eka Aprilia. Mereka diundang untuk berbagi pegalaman atas keberhasilannya mempublikasikan artikel jurnal sebagai penggangi skripsi.

Acara ini merupakan inisiatif yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab dalam mempersiapkan diri untuk menyelesaikan tugas akhir mereka. Dengan dukungan dari para pembicara berpengalaman dan contoh kesuksesan dari sesama mahasiswa, diharapkan mahasiswa dapat melangkah maju dengan lebih percaya diri dan berhasil menyelesaikan studi mereka tepat waktu. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id