Dosen BSA Dongkrak Kompetensi Bahasa Arab di Pondok Pesantren Hanacaraka Wonogiri

HUMANIORA – (25/1/2024) Semangat inovasi dan kreativitas menjadi pilar utama dalam upaya Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk terus memajukan lembaga dan memberikan kontribusi kepada masyarakat. Prinsip ini menjadi landasan dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Pondok Pesantren Hanacaraka Wonogiri pada Senin hingga Selasa, 22-23 Januari 2024.

Baca juga:

ARief21

Bukan kali pertama Fakultas Humaniora mengarahkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Sebelumnya, mereka telah menyelenggarakan kegiatan serupa, terutama dalam mendukung peningkatan kompetensi bahasa Arab di berbagai lembaga pendidikan.

Kegiatan pengabdian kali ini difokuskan pada peningkatan kompetensi berbahasa Arab bagi siswa Pondok Pesantren Hanacaraka Wonogiri. Sejumlah dosen dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) turut serta dalam kegiatan ini, antara lain Dr. Abdul Basid, SS., M.Pd., Moh. Zawawi, M.Pd., Khafid Roziki, M.Pd., Arief Rahman Hakim, M.Pd.I, dan Misbahus Surur,M.Pd.

Para dosen BSA tidak hanya memberikan pengajaran konvensional, namun mereka juga memberikan insight baru kepada santri dengan menerapkan strategi pembelajaran bahasa Arab yang interaktif dan inovatif. Salah satu metode yang diaplikasikan adalah penggunaan permainan bahasa yang menyenangkan.

Tidak hanya itu, melalui permainan bahasa, siswa dapat terlibat dalam interaksi verbal yang membantu mereka mengembangkan keterampilan komunikasi dalam bahasa Arab. Hal ini mencakup keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

Salah satu instruktur dalam pengabdian, Arief Rahman Hakim, M.Pd, menilai bahwa kegiatan ini selain meningkatkan kompetensi bahasa Arab, juga memberikan motivasi tambahan kepada siswa untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan mereka.

“Kami mengajak para siswa berada dalam situasi yang bersifat kompetitif, kolaboratif,serta  mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran”, ujarnya. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id