Hari Pertama Humaniora I-YES 2023,  Berlangsung Sukses dan Meriah!

HUMANIORA – (8/8/2023) Suasana meriah dan penuh semangat terpancar dari acara pembukaan program International Youth Enhancing Study (I-YES) yang digelar oleh Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Dengan mengusung tema "Globalizing the Local, Localizing the Global", program ini dimulai dengan Opening Ceremony yang memukau.

Baca juga:

 

D 1 13png

Program I-Yes ini dihadiri 12 peserta dari 10 Negara yang berbeda seperti Zimbabwe, Pakistan, Sudan, Afghanistan, Uganda, Singapore, Kyrgyz Republic, Bangladesh, Yaman, dan Nigeria.

Acara Opening Ceremony  menjadi sorotan dengan penampilan grup tari memukau yang menampilkan tarian Jathilan yang spektakuler. Kehebatan acara ini semakin terpancar melalui sambutan-sambutan inspiratif dari Dekan Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol, Wakil Rektor Bidang akademik, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M. Ag., serta Ketua program Humaniora I-YES 2023, Whida Rositama, M. Hum.

Pemukulan gong oleh Wakil Rektor Bidang akademik, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M. Ag., sebagai simbol dimulainya program I-YES 2023, menambah nuansa megah dan berkesan pada acara Opening Ceremony . Para peserta juga diperkenalkan dengan bangga dan mendapatkan slempang sebagai simbol partisipasi mereka dalam program ini.

Hari pertama I-YES berlanjut dengan sesi Program Overview yang disampaikan oleh M. Edy Thoyib, MA., menjelaskan secara detil kegiatan Humaniora I-YES 2023 yang akan dilaksanakan hingga Sabtu depan. Selanjutnya, pengenalan tentang bahasa Indonesia, yang disampaikan oleh Agung Wiranata Kusuma, M.A juga membantu mereka memahami lebih dalam tentang budaya dan komunikasi lokal.

D 1 1

Tidak hanya berfokus pada acara di dalam kampus, peserta diajak untuk mengenal lebih dekat UIN Malang melalui Campus Tour. Mereka berkeliling mengunjungi gedung rektorat yang megah, gedung perpustakaan yang kaya ilmu, dan ma'had putri yang mencerminkan perpaduan nilai-nilai keagamaan dan pendidikan global.

Rangkaian kegiatan pada hari pertama Humaniora I-YES tidak hanya berhenti di situ. Siang hari, usai makan siang, peserta diajak menjelajah pesona Kota Malang menggunakan layanan bus wisata Malang City Tour (MACITO). Mereka diajak berkelililing melewati Alun-Alun Bundaran Tugu, kawasan Kayutangan Heritage, Alun-Alun Merdeka, dan Jalan Ijen menjadi beberapa tempat iconic yang mereka kunjungi.

Salah satu peserta I-Yes, Syahmi Hakimi Bin Saidi dari Singapura, menyatakan kegembiraannya untuk berpartisipasi dalam program ini. Ia berbagi, "Saya merasa sungguh bahagia karena saya memiliki kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara dan belajar tentang budaya mereka. Pengalaman ini sungguh luar biasa dan memberikan wawasan baru bagi saya”, ujarnya.

macito 1

Dengan kesan yang mendalam dari hari pertama, program I-Yes Fakultas Humaniora di UIN Malang diharapkan dapat memberikan pengalaman tak terlupakan bagi peserta dalam memahami dan mengapresiasi kekayaan budaya serta potensi pendidikan yang dimiliki oleh Indonesia. Diharapkan program ini menjadi awal dari pertemuan dan kolaborasi yang inspiratif antar mahasiswa internasional dan Indonesia. [ni]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id