Bekali Mahasiswa Turun Lapangan, Dekan Humaniora: Jaga Attitude dan Profesionalisme di Dunia Kerja

HUMANIORA- (3/6/2023) Dalam dunia kerja, menjaga sikap profesional menjadi salah satu aspek yang tak terpisahkan dari kesuksesan dan kemajuan karir seseorang. Sikap profesional tersebut mencakup attitude, akhlak, dan perilaku yang sesuai dengan lingkungan tempat kerja. Hal itu disampaikan Dekan Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol dalam Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang digelar di ruang Teater Fakultas Humaniora lantai tiga (3/6).

Baca juga:

Dekan PKL

“Salah satu elemen penting dalam menjaga sikap profesional adalah komunikasi yang tepat, yang harus disesuaikan dengan konteks profesi di mana seseorang berada”, tutur M. Faisol.

Lebih lanjut, M. Faisol menjelaskan bahwa komunikasi yang baik merupakan kunci untuk membangun hubungan yang harmonis antara individu, tim, dan pihak terkait dalam lingkungan kerja.

“Penting untuk diingat bahwa komunikasi harus disesuaikan dengan karakteristik dan norma-norma yang berlaku dalam profesi kita. Setiap profesi memiliki aturan, etika, dan bahasa yang khas yang harus dihormati dan diikuti”, tegasnya.

Selain itu, pria asal Gresik ini mengingatkan mahasiswa untuk selalu menjaga citra dan reputasi diri serta perusahaan tempat kita bekerja dengan melakukan komunikasi yang baik.

“Ketika kita mampu berkomunikasi dengan baik, menghormati kebutuhan dan ekspektasi orang lain, serta menjaga integritas dalam tindakan dan ucapan kita, orang akan lebih cenderung mempercayai dan menghormati kita sebagai seorang profesional”, pesannya di hadapan peserta.

DI akhir sambutannya, Dekan Fakultas Humaniora berharap bahwa program PKL Fakultas Humaniora dapat memberikan kontribusi nyata dalam menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

“Dengan pengalaman praktis yang diperoleh melalui PKL ini, diharapkan para mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tantangan dalam dunia kerja yang semakin kompleks dan kompetitif”, harapnya. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id