Dosen Humaniora Paparkan Kiat Kepenulisan Ilmiah dalam Visiting Lecturer di UIN Makasar

HUMANIORA – (2/12/2022) Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar mengundang dosen Fakultas Humaniora UIN Malang, Dr. Muassomah, M. Pd menjadi visiting lecturer pada Senin, 28 November 2022. Kegiatan Visiting Lecturer berbasis mata kuliah ini dilaksanakan pada kelas metodologi penelitian bagi mahasiswa semester lima.

Wakil Dekan Bagian Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Fakultas Humaniora diundang untuk memberikan materi tentang kepenulisan ilmiah. Bu Muas, sapaan akrabnya menyampaikan kiat-kiat menemukan isu atau tema tulisan untuk tugas akhir mahasiswa.

Baca juga:

Dalam sesi kelas  yang digelar di ruang meeting Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar tersebut, Bu Muas berbagi tentang strategi dan kiat menulis tugas akhir, serta artikel ilmiah. Ia menjelaskan bahwa sebenarnya menulis skripsi maupun artile ilmiah, tidak memerlukan data yang banyak seperti disertasi ataupun tesis.

Lebih lanjut ia menjelaskan pentingnya mahasiswa memperhatikan adanya Research Gap dalam sebuah penelitian, baik dari segi isi maupun literatur.

“Isu kekinian, tidak harus bersumber dari fenomena yang sedang viral, namun bisa dari berasal dari kesenjangan topik kajian yang diangkat dari fenomena-fenomena yang sudah ada.” tuturnya.

Sesi kelas yang diikuti puluhan mahasiswa tersebut digelar secara interaktif. Mahasiswa mendapat kesempatan untuk menggali lebih dalam tentang kepenulisan skripsi setta artikel ilmiah melalui diskusi dan tanya jawab.

Di akhir sesi, menegaskan pentingnya membangun tradisi menulis khususnya bagi mahasiswa. “Menulis hendaknya menjadi sebuah kebutuhan bagi dosen, layaknya kebutuhan makan ketika seseorang lapar.” pungkasnya.  [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id