Dosen Humaniora Berbagi Pengalaman Tentang Baca Puisi di UIN Bandung

HUMANIORA – (5/6/2024) Dosen Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Sri Muniroch, S.S., Hum. Berbagi pengalaman tentang pembacaan puisi kepada mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sri Muniroch diundang dalam rangka memeriahkan Milad Jurusan Sastra Inggris, dalam acara bertajuk Gaudium Nova. Egiatan ini digelar di Gedung Abdjan Soelaiman (4/6).

Dalam acara yang dihadiri oleh Dekanat serta segenap sivitas akademika FAN UIN Bandung tersebut, dosen Prodi Sasing ini memberikan materi tentang teknik baca puisi dan penampilan sastra. Tak hanya menyampaikan materi, Sri Muniroch juga mempraktikkan pembacaan puisi "My grandmother washes her feet in the sink of the bathroom at Sears" karya Mohja Kahf. Puisi yang mengangkat tema perbedaan budaya dan tradisi ini dibawakan dengan penuh penghayatan, memukau para hadirin.

Puisi karya penulis Amerika Muslim kelahiran Damaskus ini menceritakan tentang nenek penulis yang sedang berwudhu dan membasuh kakinya di atas wastafel kamar mandi sebuah pusat perbelanjaan mewah di Amerika. Tindakan ini menimbulkan protes sebagian pengunjung yang menganggapnya tidak sesuai standar kebersihan. Namun, konflik ini dapat diselesaikan oleh penulis dengan penjelasan yang baik bagi kedua belah pihak.

Lebih lanjut, Sri Muniroch menjelaskan tentang kriteria dan tips pembacaan puisi yang baik. Kriteria tersebut meliputi pemahaman isi puisi, dramatisasi yang sesuai, keterlibatan pembaca, suara dan artikulasi, serta akurasi. Sedangkan tips yang diberikan antara lain memprioritaskan makna, mengikuti kalimatnya bukan bentuknya, mengikuti irama, dan membaca secara natural.

Kegiatan Gaudium Nova ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa Sasing dalam membaca dan memahami puisi. Selain itu, acara ini juga menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa dan dosen, serta menumbuhkan kecintaan terhadap sastra. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id