Dosen Humaniora Terpilih Menjadi Ketua ALTI Periode 2024-2027

HUMANIORA – (19/5/2024) Dosen Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. Meinarni Susilowati, M.Ed., terpilih sebagai Ketua Asosiasi Linguistik Terapan Indonesia (ALTI) periode 2024-2027. Dr Meinarni Susilowati dipilih melalui Kongres Nasional ALTI secara daring yang dihadiri oleh Dewan Penasehat dan anggota aktif ALTI dari seluruh Indonesia (18/5). Dr. Meinarni terpilih melalui mekanisme e-voting, menggantikan ketua lama, Susanto, Ph.D.

Baca juga:

 Dr. Meinarni, awalnya merasa berat menerima hasil pemilihan tersebut. Pasalnya, saat ini Dr. Meinarni juga menjabat sebagai ketua Linguistics and Literature Association (LITA) yang berada di bawah naungan ADIA. Namun, pihaknya menerima keputusan tsb untuk menghargai dukungan para koleganya, seraya berharap bisa mengemban amanah ini dengan baik.

"Ini sebenarnya berat, menjabat sebagai Presiden 2 asosiasi bukan hal ringan. Mohon doanya agar saya diberi kekuatan dan dapat mengemban amanah dengan baik”, ujarnya saat diwawancara Tim Infopub di Hermes Palace Hotel.

Sementara itu, Dr. Halimi, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Humaniora, mengucapkan selamat kepada Dr. Meinarni atas pencapaiannya. Ia menilai terpilihnya Dr. Meinarni sebagai Ketua ALTI merupakan hal yang sangat positif, mengingat kontribusi dosen Humaniora dalam pengembangan keilmuan pada skala yang lebih luas.

"Ini adalah pencapaian yang luar biasa. Pengalamannya yang luas dalam bidang linguistik dan literatur menjadikannya sosok yang tepat untuk memimpin ALTI ke depan. Kami sangat bangga dan yakin bahwa Dr. Meinarni akan membawa ALTI ke arah yang lebih baik," ujar Dr. Halimi.

Dukungan kepada Presiden ALTI terpilih juga disampaikan panitia kongres, Dr. Mundi Rahayu. M.Hum. Menurutnya, posisi yang diemban Dr. Meinarni saat ini menjadi bukti nyata bahwa dosen Fakultas Humaniora mampu memegang peranan aktif, baik di kancah lokal maupun global.

“Kita semua mendukung Bu Meinarni untuk menjadi Presiden ALTI. Ini menunjukkan bahwa kita bisa berkontribusi nyata secara nasional dan internasional”, ujarnya.

Terpilihnya Dr. Meinarni sebagai Ketua ALTI diharapkan dapat membawa angin segar bagi organisasi tersebut, mengingat pengalamannya yang luas dan kepemimpinannya di berbagai asosiasi ilmiah. Ke depan, ALTI diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata dalam bidang linguistik terapan di Indonesia dan dunia internasional.

Diketahui, ALTI merupaan organisasi yang berfokus pada pengembangan dan penyebaran ilmu linguistik terapan di Indonesia. Organisasi ini sering mengadakan konferensi, seminar, dan berbagai kegiatan ilmiah lainnya untuk mendukung para akademisi dan praktisi di bidang ini. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id