Dosen Humaniora Gembleng Kompetensi Guru Bahasa Arab di Jombang  

HUMANIORA – (30/4/2024) Pilar inovasi dan kreativitas menjadi pusat perhatian Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam upaya memajukan lembaga dan memberikan kontribusi kepada masyarakat. Dengan semangat itu, Fakultas Humaniora menggelar pelatihan peningkatan kompetensi guru bahasa Arab se-Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa, 30 April 2024. Inisiatif ini berasal dari kerjasama antara Prodi BSA Fakultas Humaniora dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab Se-Kabupaten Jombang.

Baca juga:

jombang

Acara tersebut menjadi wadah bagi guru pengajar bahasa Arab di Kabupaten Jombang untuk meningkatkan kompetensinya dalam bahasa Arab. Kegiatan yang digelar di Masyarakat di Aula MAN 1 tersebut menghadirkan para dosen dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA), seperti Dr. Abdul Basid, SS., M.Pd., Moh. Zawawi, M.Pd., Khafid Roziki, M.Pd., dan Arief Rahman Hakim, M.Pd.I. Mereka tidak hanya memberikan pengajaran konvensional, tetapi juga memperkenalkan strategi pembelajaran yang interaktif dan inovatif, termasuk penggunaan permainan bahasa yang menyenangkan.

Melalui pendekatan ini, para guru dapat terlibat dalam interaksi verbal yang membantu mereka mengasah keterampilan komunikasi dalam bahasa Arab, termasuk mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

arief

Arief Rahman Hakim, M.Pd, salah satu instruktur dalam kegiatan tersebut, menegaskan bahwa selain meningkatkan kompetensi bahasa Arab, kegiatan ini juga memberikan motivasi tambahan kepada para guru untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan mereka.

Dengan demikian, partisipasi Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam kegiatan pengabdian ini tidak hanya mengukuhkan peran lembaga sebagai agen perubahan dalam pendidikan bahasa Arab, tetapi juga memberikan kontribusi yang berarti bagi peningkatan kualitas pembelajaran di Kabupaten Jombang. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id