Humaniora Ditunjuk Sebagai Pilot Project Pembangunan Zona Interitas

HUMANIORA - (26/4/2024) Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Malang telah dipilih sebagai pilot project untuk Pembangunan Zona Interitas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Pemilihan ini diumumkan pada rapat koordinasi yang dihadiri oleh Kabiro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) dan Unit Sistem Pengawasan Intern (SPI) UIN Malang pada Kamis, 25 April 2024.

Baca juga:

Penunjukan Fakultas Humaniora sebagai pilot project ini didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1203 Tahun 2024. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mendorong upaya pemberantasan korupsi dan meningkatkan kualitas birokrasi di lingkungan kampus.

Dr. M. Faisol, Dekan Fakultas Humaniora, menyatakan, "Kami sangat bangga dan bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada Fakultas Humaniora sebagai pilot project untuk WBK dan WBBM. Kami siap untuk bekerja sama dengan semua pihak terkait guna mewujudkan zona interitas yang bersih dari korupsi dan birokrasi yang melayani masyarakat dengan baik."

Sementara itu, dalam sambutannya Kabiro AUPK UIN Malang, Dr. Ahmad Hidayatullah, M.Pd., menegaskan Fakultas Humaniora ditunjuk sebagai Pilot Project PMPZI ini untuk mewakili UIN Malang untuk mencapai zona yang bebas dari Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). “Kami berharap, Humaniora dapat menjalankan dengan baik, sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bebas rai korupsi dan birokrasi yang bersih dan melayani,” tukasnya.

Senada dengan itu, Ketua Unit Sistem Pengawasan Intern (SPI) UIN Malang, Dr. H. In’am Esha, M.Ag., juga menyampaikan bahwa melalui penunjukkan pilot project ini UIN Malang bisa mewujudkan zona bebas korpusi dan birokrasi yang bersih dan melayani. “Ini menjadi tantangan bagi kita. Humaniora diharapkan dapat mewakili institusi ini untuk mewujudkan hal itu,” jelasnya.

Rencananya, Fakultas Humaniora akan menjadi model dalam penerapan praktik-praktik tata kelola yang baik, transparansi, dan akuntabilitas di lingkungan kampus. Langkah-langkah konkret akan segera dirumuskan bersama dengan Tim Fakultas Humaniora, Tim SPI dan pihak terkait lainnya.

Diharapkan bahwa keberhasilan proyek ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi seluruh lingkungan akademik di UIN Malang dan dapat menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam upaya pemberantasan korupsi dan peningkatan kualitas birokrasi. [aii]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id