Tekankan Program Prioritas dan Inovasi, Begini Pesan WR II UIN Malang

HUMANIORA - (18/1/2024) Wakil Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si., CAHRM., CRMP., melaksanakan kunjungan ke Fakultas Humaniora pada Kamis, 18 Januari 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda intensif WR II beserta staf AUPK untuk membangun komunikasi erat dengan seluruh lembaga di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Selain itu, kunjungan ini bertujuan memberikan arahan terkait tatakelola administrasi dan perencanaan, guna mendukung visi dan misi universitas menuju kampus unggul dan bereputasi internasional.

Baca juga:

WR 2q

Dalam kegiatan yang bertajuk Sharing Session Evaluasi Kinerja dan Rancangan Anggaran Fakultas Humaniora, Prof. Ilfi, didampingi Bagian Fungsional Perencanaan, Organisasi, Kepegawaian, dan Humas (OKH), Keuangan, serta Pusat Pengelolaah dan Pengembangan Sistem Remunirasi (P3SR) bertemu dengan Pimpinan Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol, bersama dosen dan tenaga kependidikan di ruang laboratorium bahasa lantai dua.

 "Hari ini, saya hadir untuk diskusi sekaligus menyerap aspirasi fakultas secara langsung dalam memutuskan kebijakan yang harus diambil", ujar Prof. Ilfi.

Selanjutnya, Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia tersebut menekankan perlunya inovasi dan tanggap terhadap perubahan yang berdampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan kampus. Fakultas Humaniora memiliki peran strategis dalam mendukung visi dan misi universitas, terutama dalam menyelenggarakan kegiatan akademik, riset, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam sesi diskusi, Prof. Ilfi menekankan lima program prioritas yang perlu ditekankan, yakni akreditasi, peringkat dan publikasi nasional, kualitas mutu pendidikan, transformasi layanan dan kelembagaan, serta internasionalisasi. Ia menegaskan pentingnya mencapai standar internasional dalam berbagai aspek, termasuk akreditasi internasional, sertifikasi internasional, dan rekognisi internasional.

Dalam upaya merealisasikan program publikasi internasional, Prof. Ilfi mengajak segenap dosen Fakultas Humaniora untuk meningkatkan publikasi ilmiah, mendukung target 60% program studi terakreditasi unggul, dan mencapai 1000 sitasi karya dosen pada tahun 2025. Selain itu, agenda Internasional Cyber Learning Class (ICLC) yang dilakukan dalam pembelajaran hybrid juga menjadi program strategis yang bisa menjadi perhatian segenap lembaga di UIN Malang.

WR 212

Masih dalam kesempatan yang sama, Prof. Ilfi juga menekankan aspek penting dalam Transformasi Kelembagaan dan Layanan di tengah perkembangan teknologi digital yang pesat. Ia menyoroti peluang kolaborasi internasional yang semakin memungkinkan melalui kemajuan teknologi. Dalam visinya, Prof. Ilfi berharap UIN Malang dapat menjadi perguruan tinggi yang terintegrasi secara digital, memanfaatkan sistem integrasi modern untuk mendukung efisiensi dan kolaborasi global.

Selain itu, dalam konteks Pembinan Prestasi Mahasiswa, Prof. Ilfi menekankan pentingnya dukungan terhadap prestasi mahasiswa. Ia mendorong kerjasama yang lebih erat dengan dunia usaha dan industri, serta optimalisasi program MBKM. Langkah ini diambil dengan harapan lulusan dapat lebih mudah terserap di dunia usaha dan industri, sejalan dengan visi universitas untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi.

Tak hanya itu, Prof. Ilfi juga menyoroti gerakan efisiensi anggaran dan peningkatan pendapatan sebagai strategi untuk bertahan dalam era yang akan datang. Ia menggarisbawahi pentingnya tata kelola organisasi yang baik dalam upaya ini. Dukungan terhadap inovasi juga menjadi fokus, dan ia menyampaikan bahwa tahun ini UIN Malang telah mengimplementasikan zona integritas sebagai bentuk inovasi. Prof. Ilfi juga mendorong Fakultas Humaniora untuk aktif mengambil peran aktif dalam program-program inovatif universitas.

Tak lupa, ia mengingatkan bahwa UIN Malang merupakan salah satu dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang telah diafirmasi sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), sebuah prestasi yang menunjukkan kualitas dan komitmen universitas dalam mengelola pendidikan tinggi di Indonesia.

Masih dalam kesempatan yang sama, Prof. Ilfi juga mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan Fakultas Humaniora melalui serangkain program internasional dan tata kelola administrasi yang terintegrasi dengan teknologi.

Dalam penutupnya, Prof. Ilfi menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan kerjasama yang baik, serta mengajak seluruh elemen di Fakultas Humaniora untuk bergandengan tangan mencapai prestasi dan keberhasilan bersama. "Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan petunjuk-Nya dalam setiap langkah kita."

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi momentum positif dalam meningkatkan kualitas dan daya saing Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tak hanya di tingkat nasional, namun juga di tingkat global. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id