HUMANIORA - (27/6/2024) Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengumumkan pemenang Lomba Business Plan Competition 2024 melalui website resmi Fakultas Humaniora (26/6). Sebanyak dua tim dinyatakan sebagai pemenang melalui hasil review dewan juri dalam even bertema "Bisnis Halal di Era Digital" ini. Kedua tim berhasil menyisihkan peserta lainnya dengan gagasan inovatifnya tentang perencanaan bisnis yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman serta relevan dengan kebutuhan zaman.
Baca juga:
- Humaniora Siap Terjunkan Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan 2024 di Mitra DUDI
- Mahasiswa Humaniora Raih Juara 1 di Ajang GRADASI 2024
Juara pertama berhasil diraih oleh tim yang terdiri atas Siti Nurhidayati dan Umi Kulsum dengan judul proposal mereka, "Hijab Collection (uwais hijab)". Proposal ini mengusung konsep koleksi hijab yang tidak hanya menawarkan produk yang halal secara syariah, tetapi juga memadukan elemen-elemen desain yang modern dan sesuai dengan tren di era digital saat ini. Mereka berhasil menciptakan rencana bisnis yang tidak hanya kreatif, tetapi juga berpotensi besar untuk diimplementasikan di pasar yang berkembang pesat.
Sementara itu, juara kedua diraih oleh Kafia Azzahro dan Hafidz Abdullah Azzam dengan proposal mereka berjudul "Kopi Fermentasi 'G-Note'". Proposal ini tak kalah menariknya, dengan menawarkan konsep inovatif dalam produk kopi dengan proses fermentasi yang unik, menjadikan produknya tidak hanya halal tetapi juga memberikan nilai tambah dari segi kualitas dan citarasa. Dengan demikian, mereka berhasil menarik perhatian juri dengan rencana bisnis yang menjanjikan dalam industri minuman yang terus berkembang.
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Humaniora, Dr. Galuh Nur Rohmah mengucapkan selamat atas terpilihnya dua tim yang beruntung, serta menyatakan harapannya atas keberhasilan mahasiswa dalam kompetisi ini.
"Selamat bagi tim pemenang. Kami berharap prestasi ini akan menjadi embrio munculnya gagasan-gagasan yang tidak hanya kreatif, tetapi juga etis dan berkelanjutan. Ini adalah kesempatan emas bagi mereka untuk menunjukkan bakat dan kontribusi mahasiswa dalam mewujudkan bisnis yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman dan kebutuhan zaman," ujarnya.
Pemenang kompetisi ini tidak hanya berhak atas pengakuan atas keberhasilan mereka, tetapi juga total hadiah senilai 4 juta rupiah untuk 2 tim terbaik. Hal ini menunjukkan komitmen fakultas dalam mendukung inovasi dan pengembangan mahasiswa dalam menciptakan peluang bisnis yang berpotensi di pasar global yang semakin terhubung secara digital. [al]