WD 1 Humaniora Ajak Dosen Bangun Sinergi Kuatkan Tradisi Akademik

HUMANIORA – (12/2/2024) Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Humaniora, Dr. Halimi, memimpin Dalam kegiatan Laporan Kinerja Semester Ganjil dan Koordinasi Perkuliahan Semester Genap 2023/2024 di Ruang Teater Fakultas Humaniora Lantai 3, Senin 12 Februari 2024. Dalam kesempatan ini, Dr. Halimi tidak hanya menyampaikan laporan kinerja, tetapi juga mengajak segenap dosen Fakultas Humaniora di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk merefleksikan diri dan membangun sinergi yang kuat dalam menguatkan tradisi akademik.

Baca juga:

WR 12

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Halimi menekankan peran penting dosen dalam menjalankan Tridharma perguruan tinggi. Ia mengajak para dosen untuk aktif berkolaborasi dan memperluas jaringan akademik. Hal itu menurutnya, dapat dilakukan dengan melaksanakan program kolaboratif, termasuk program Lecturer Mobility.

“Penting bagi dosen melakukan Tridharma di luar kampus. Ini dapat menjadi wadah bagi pertukaran pengetahuan antar-dosen dan perguruan tinggi”, ujarnya.

Selain itu, WD 1 turut mengajak dosen untuk meningkatkan kedisiplinan dan memperhatikan norma serta etika sebagai pendidik. Ia menyoroti pentingnya profesionalisme dan menghindari segala bentuk diskriminasi.

“Menjaga etika penting, agar citra dan wibawa dosen tetap terjaga di mata mahasiswa” imbuhnya.

Dalam konteks pemutakhiran kurikulum, WD 1 asal Madura ini memaparkan agenda Fakultas yang berfokus pada capaian Program Outcome based Education (OBE). Tak hanya itu, ia juga menyinggung pemenuhan Indikator Kinerja Individu (IKI), dan memberikan sejumlah alternatif tindakan bagi dosen, termasuk penelitian mandiri, pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan kontribusi melalui jurnal serta pengabdian kepada masyarakat.

Melalui komitmen kuat ini, Fakultas Humaniora UIN Malang tidak hanya bermaksud berjaya di tingkat nasional, tetapi juga berkontribusi nyata dalam dunia pendidikan. Dengan tujuan akhir menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang mampu menjadi pilar kebanggaan dan pembawa perubahan bagi masyarakat dan bangsa. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id