Energize Your Academic Writing Memasuki Hari Kedua, Fokus Publikasi Artikel di Jurnal Scopus

HUMANIORA – (7/2/2024) Hari kedua kegiatan "Energize Your Academic Writing," pada Rabu, 7 Januari 2024, menjadi momentum penting dalam upaya peningkatan publikasi artikel ilmiah di jurnal terindeks Scopus bagi dosen Fakultas Humaniora, dengan menghadirkan pemateri Prof. Dr. Muassomah, M, Pd. dan Irham, MA. Keduanya merupakan dosen Fakultas Humaniora yang produktif dalam menulis artikel ilmiah, tak hanya terakreditasi Sinta, bahkan Scopus.

Baca juga:

Prof. Dr. Muassomah, dalam sesi pertama mengajak para dosen untuk bersama merefleksikan bahwa menulis merupakan bagian dari upaya akademisi membangun tradisi ilmiah.

Energize 2b

“Menulis, sebenarnya bukan hanya sebagai sarana untuk lepas dari tanggungan kinerja atau kenaikan pangkat, melainkan suatu bentuk jariah ilmiah yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan”, ujarnya.

Selanjutnya, dalam konteks jurnal terakreditasi Scopus, Wakil Dekan 2 Fakultas HUmaniora tersebut berbagi tips agar penulis memulai dengan mengamati fenomena yang terjadi, sebelum merumuskan teori. Ia juga menekankan prinsip "One article one idea", agar topik artikel bisa terfokuskan. "Menulis dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Itulah selera jurnal Scopus", imbuhnya.

Energize 1a

Sementara Irham, MA, pada sesi kedua, menyoroti pentingnya memahami kerangka artikel yang layak dipublikasikan di jurnal terindeks Scopus. Ia membahas aspek-aspek kunci seperti judul, abstrak, pendahuluan, hingga cara menyimpulkan hasil penelitian. Pria asal Madura tersebut menekankan betapa pentingnya mengidentifikasi dan mengisi kesenjangan dalam pengetahuan yang ada, menjadikan penelitian memiliki nilai tambah dan relevansi dalam memecahkan tantangan yang belum terjawab.

Sesi tanya jawab semakin menjadikan diskusi menarik, di mana setiap peserta diajak untuk membahas topik dan draft masing-masing. Proses asosiasi ini tidak hanya memperkaya gagasan, tetapi juga mendukung pemahaman lebih dalam tentang penulisan artikel ilmiah berkualitas internasional.

Kegiatan ini terus memberdayakan para penulis dosen Fakultas Humaniora untuk meraih keunggulan dalam publikasi artikel ilmiah, menghadirkan wawasan mendalam dan strategi praktis untuk berhasil di jurnal terindeks Scopus. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id