Optimalkan Reputasi Akademik, Humaniora Gelar Energize Your Academic Writing

HUMANIORA – (6/2/2024) Fakultas Humaniora, melalui Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, menyelenggarakan kegiatan "Energize Your Academic Writing" pada Selasa, 6 Februari 2024, di Meeting Room. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan penulisan karya ilmiah bagi para dosen.

Baca juga:

Dalam wawancara terpisah, Dr. Abdul Basid, M.Pd., selaku Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, menjelaskan bahwa setiap dosen diharapkan memiliki performa akademik yang handal. Menurutnya, Academic Writing Skill merupakan bagian integral dari kompetensi seorang dosen dan tidak dapat dipisahkan. "Dalam dunia akademik, kemampuan menulis ilmiah menjadi kunci keberhasilan setiap dosen dalam menyebarkan pengetahuan," ujarnya.

Energize2

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol, menekankan pentingnya publikasi ilmiah bagi dosen sebagai bagian dari pencapaian visi, misi, dan tujuan fakultas. Ia menjelaskan bahwa seperti perusahaan, Fakultas Humaniora perlu dianggap sebagai tempat bekerja dan berkontribusi bagi para dosen. Salah satu indikator keberhasilan akademik adalah adanya publikasi ilmiah pada jurnal-jurnal yang bereputasi.

"Publikasi ilmiah dapat meningkatkan reputasi sebuah perguruan tinggi. Sebagaimana dalam dunia bisnis, reputasi sangat berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan dan citra institusi," kata Dr. M. Faisol.

Kegiatan "Energize Your Academic Writing" diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para dosen, sehingga mereka dapat lebih produktif dalam menulis karya ilmiah. Peningkatan keterampilan penulisan ini diharapkan akan berkontribusi pada peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah dari Fakultas Humaniora.

Kegiatan ini sekaligus menjadi forum sharing antar sesama dosen Fakultas Humaniora untuk berbagi pengalaman dalam penulisan dan publikasi karya ilmiah pada jurnal-jurnal berputasi. Terbukti, narasumber yang didatangkan tidak dari luar kampus, tetapi para dosen yang cukup memiliki pengalaman dalam publikasi ilmiah. [aii]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id