Lanjutkan Program MBKM, Prodi Sastra Inggris Gelar Sosialisasi Artikel Jurnal Pengganti Skripsi

HUMANIORA - (4/4/2024) Program Studi Sastra Inggris Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim MAlang menggelar sosialisasi tentang artikel jurnal sebagai pengganti skripsi pada Rabu, 3 April 2024, melalui platform Zoom. Dalam acara tersebut, Kaprodi Sastra Inggris, Ribut Wahyudi, Ph.D., menjelaskan bahwa program tersebut merupakan bagian dari Program MBKM yang memberikan alternatif tugas akhir bagi mahasiswa selain skripsi.

Baca juga:

RIbut2

RIbut juga menginformasikan bahwa sebanyak tiga mahasiswa angkatan pertama, yakni angkatan 2020, telah mempublikasikan artikel mereka dalam jurnal Sinta 2, Sinta 3, dan Sinta 4. Selain itu, dua mahasiswa lainnya telah mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) untuk artikel mereka.

Menyoroti proses seleksi, Kaprodi menyarankan mahasiswa yang tertarik untuk mempersiapkan proposal dengan baik, karena seleksi proposal akan dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri. Lebih lanjut, dia mendorong mahasiswa yang terpilih untuk berkonsultasi secara intensif dengan dosen pembimbing dan mengirimkan artikel mereka pada awal atau pertengahan semester 7.

RIbut3

Sementara itu, Sekprodi Sastra Inggris, M. Edy Thoyib, M.A., menghimbau mahasiswa untuk membaca dengan seksama buku pedoman fakultas yang memuat syarat dan ketentuan penulisan artikel jurnal pengganti skripsi di website fakultas.

Dalam acara tersebut, dua mahasiswa angkatan 2020, Ula R. Rohmah dan Santi Agustin, yang telah berhasil menerbitkan artikel jurnal pengganti skripsi, memberikan testimoni tentang proses penulisan dan publikasi mereka. Ula juga berbagi pengalaman terkait ujian sidang pasca publikasinya, yang menurutnya lebih ringan dibandingkan ujian skripsi biasa.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh lebih dari 80 mahasiswa dengan antusiasme yang tinggi. Program artikel jurnal sebagai pengganti skripsi ini diharapkan memberikan peluang baru bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studi mereka dengan lebih bervariasi dan memberikan pengalaman yang berharga dalam dunia akademik. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id