Berita

  • Written by Admin Humaniora
  • Published in Berita
  • Hits: 220
  • Print ,

HUMANIORA – Diterima oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. M. Faisol, M.Ag., Mahasiswa dari IAIN Metro Provinsi Lampung terlihat antusias dalam kunjungan studi bandingnya di Fakultas Humaniora. Kunjungan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) ini bertujuan untuk saling bertukar wawasan dan pengetahuan terkait dengan bidang kajian keilmuan yang sedang digeluti.

Kunjungan ini merupakan bagian dari Field Trip yang diadakan  oleh Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah dari IAIN Metro. Dalam kunjungan kali ini, rombongan IAIN Metro membawa 60 mahasiswa dengan didampingi oleh 2 dosen pendamping.

“Tidak perlu takut untuk belajar bahasa Arab di BSA” dengan lantang Wakil Dekan Bidang Akademik membuka pembicaraan dalam sambutannya. Karena dewasa ini, masih banyak orang yang memandang sebelah mata jurusan ini. Segelintir orang hanya memandang kalau Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) hanya akan melahirkan ustad untuk berdakwah di lingkungan pengabdian masyarakat. Padahal tidak sedikit lulusan dari BSA ini yang menjadi pengajar, penerjemah, jurnalis, dan bahkan bekerja menjadi diplomat.

Dengan kerja keras dan dedikasi yang tinggi, tentunya semua lulusan jurusan Bahasa dan Sastra Arab akan bisa meraih kesuksesan. Karena kesuksesan itu tidak dapat diraih hanya dengan duduk santai atau hadir dalam sekejap mata. “Kalau ingin sukses, harus siap menghadapi kegagalan. Karena kegagalan merupakan pintu gerbang dari kesuksesan” , tegas M. Faisol.

Dalam sesi tanya jawab, mahasiswa IAIN Metro sangat antusias. Hal itu terbukti dengan banyak mahasiswa memberikan respon positif setelah Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Humaniora menyampaikan paparannya terkait dengan sistem akademik dan capaian-capaian yang selama ini diraih oleh jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Namun menurut M. Faisol, kita sebagai lulusan BSA harus bisa berbangga hati karena pilihan jurusan ini karena mahasiswa BSA adalah ibarat seorang dokter yang ahli di bidang bahasa Arab.

Sementara itu Wahyudin, M.Ag. yang sekaligus menjadi pendamping mahasiswa IAIN Metro  merespon positif atas paparan singkat dari perwakilan Fakultas Humaniora. Dia sangat berterima kasih atas sambutan dan sharing gagasan yang telah berlangsung di Home Theater Fakultas Humaniora. “Saya sangat berterima kasih karena sudah diterima dan mendapatkan ilmu dari jurusan BSA ini”, tegas Wahyudin. [ha]