Berita

Pendampingan Akademik, Bekali Mahasiswa dalam Menempuh Perkuliahan Semester Genap

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 100

HUMANIORA - (16/01/2020) Pendampingan pemrograman mata kuliah semester genap untuk angkatan 2019/2020 dilaksanakan hari ini di Fakultas Humaniora. Pendampingan ini diperuntukkan khusus untuk mahasiswa angkatan 2019 agar siap mengarungi pemrograman mata kuliah di semester-semester selanjutnya. Dipandu langsung oleh ketua dan sekretaris program studi baik dari Bahasa dan Sastra Arab serta Sastra Inggris, acara ini berlangsung cukup serius, karena sangat penting untuk ke depannya. Untuk pendampingan Bahasa dan Sastra Arab bertempat di Home Theatre Fakultas Humaniora, sedangkan Sastra Inggris bertempat di Aula Fakultas Humaniora.

Pendampingan pemrograman ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa angkatan 2019 supaya mampu memahami bagaimana memilih mata kuliah, kelas yang linier, serta dosen pengampunya. Dijelaskan pula prosedur yang akan dilampaui mahasiswa dalam melakukan pemrograman mata kuliah ini. Untuk mahasiswa semester 2, pemrograman mata kuliah masih terpaket sesuai dengan arahan dari ketua jurusan Sastra Inggris. “Pengambilan jumlah SKS harus disesuaikan dengan IPK yang didapat dari semester gasal yang sudah lalu”, tambah Miftahul Huda, S.Hum., M.Pd., selaku sekretaris program studi Sastra Inggris Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. [HA]

"Arabic Calligraphy on Canvas" digelar di Fakultas Humaniora

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 360

 

HUMANIORA - (9/12/2019) Bertemakan "Arabic Calligraphy on Canvas", Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang gelar pameran kaligrafi Arab. Pameran ini akan mewarnai lobi Fakultas Humaniora selama tiga hari kedepan. Kaligrafi Arab yang merupakan seni tulis yang dibuat dengan goresan tangan ini, memiliki sejarah panjang mulai era arab klasik hingga kontemporer. Ia juga menganut beberapa madzhab dan jenis khat seperti Naskhi, Farisi, Tsulutsi,  Diwani, Diwani Jali, Riq’a, dan Kufi.
Puluhan kaligrafi yang terpampang di pameran ini merupakan karya dari mahasiswa semester 1 yang mengikuti mata kuliah Al Khat Al'Arabiy yang diampu oleh Ustadz Dr. Abdul Muntaqim Al Anshory.
Antusias dari penikmat kaligrafi baik dosen maupun mahasiswa cukup tinggi. Apresiasi tinggi pun diberikan oleh para penikmat kaligrafi yang menyaksikan pameran tersebut."Mahasiswa sastra Arab semester pertama ini sudah mampu menghasilkan karya seni kontemporer yang memiliki nilai artistik yang tinggi", ungkap Mahrush Ali, M.Sn., salah satu dosen yang hadir dalam pameran yang diselenggarakan perdana oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang. [HA]

Penutupan "Indonesian In-Country Program" Hangatkan Keberagaman Lintas Negara

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 270

 HUMANIORA-(19/12/2019) Program Kajian Bahasa dan Budaya Indonesia "Indonesian in-Country Program" yang berlangsung selama 6 minggu ini telah mencapai puncaknya. Bertempat di Home Theater fakultas Humaniora, program kerja sama dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan Deakin University ini ditutup langsung oleh Rektor UIN Malang, Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. Prosesi penutupan ini dihadiri oleh para mahasiswa Deakin University, para pimpinan akademik, para dosen, dan tamu undangan lainnya.
Angus Cormick, salah satu mahasiswa Deakin University yang telah mahir berbahasa Indonesia ini mengungkapkan kebanggaan dia menjadi salah satu bagian dr program yg dapat mempererat persaudaraan lintas negara dan budaya ini. Mereka mempelajari seluk beluk tentang Indonesia mulai bahasa, pemerintahan, serta kebudayaan. Pidato dari mahasiswa Deakin University ini diapresiasi tinggi oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang juga berkesempatan melantunkan syairnya.
Di penghujung acara penutupan, ditampilkan pentas kesenian dan budaya oleh para mahasiswa Deakin University dan civitas akademia fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara penutupan dari unit Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) ini merupakan rentetan acara yang dilakukan setiap dua tahun sekali sejak 2008. [ha]

EFL Professional’s Perspective Toward Online Course In Indonesia

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 382

 

 

HUMANIORA – (29/11/2019) Kajian yang rutin diselenggarakan ini bertempat di Ruang Perpustakaan Fakultas Humaniora. Sejumlah dosen baik dari Satra Inggris maupun dari Bahasa dan Sastra Arab menghadiri kajian yang dimulai pada pukul 13.30 WIB. Adapun dosen-dosen tersebut adalah Muzakki Afifuddin, M.Pd., Irham, M.A., Mira Sartika, M.A., M. Hafidun Annas, M.Hum., Zainur Rofiq, M.A., Dra. Siti Masitoh, M.Hum., Sri Muniroch, M.Hum., Nur Hasaniyah, M.A., Vita Nur Santi, M.Pd., M. Mahrus Ali, M.Sn., Dr. Hj. Shafiyah, M.A. (Dekan Fakultas Humaniora), Rina Sari, M.Pd. (Kepala Jurusan Sastra Inggris), dan Dr. Halimi Zuhdy, M.Pd. (Kepala Jurusan Bahasa dan Sastra Arab).
Pemateri kajian kali ini adalah Asni Furaida, M.A., salah satu dosen Sastra Inggris dan mengusung tema EFL Professional’s Perspective Toward Online Course In Indonesia. Perlu diketahui bahwa kajian yang rutin diselenggarakan ini sudah yang ke 22 kali. Sekitar pukul 14.00 WIB, audien mulai menunjukkan sisi keantusiasannya dengan memberikan beberapa pertanyaan dan saran. Terlebih karena kajian pada siang hari itu membahas tentang penerapan teknologi dalam sistem pengajaran. Semakin menarik ketika salah seorang dosen ikut menceritakan tentang bagaimana dia pernah menggunakan aplikasi Edmodo ketika didalam kelas. [an]