Berita

Tim Debat BSA Raih Juara III di Negeri Jiran

  • Kategori: Berita
  • Dilihat: 148

 

Minggu 01/04. Tim debat, jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang meraih juara 3 pada perhelatan IHTIFAL Institusi Pengajian Tinggi ASEAN 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Sains Islam Malaysia (USIM). El-Jidal yang merupakan salah satu dari LSO Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) BSA ini mengirimkan Athifah Chairunnisah (angkatan 2016), Nandang Nurdiansah (angkatan 2016), Aad Nur Sayyidus Syuhur (angkatan 2016), dan Moh Ainur Rizal (angkatan 2016) sebagai peserta untuk menjadi delegasi dalam acara yang berlangsung di negeri jiran, Malaysia. Serta Moh Sahni Arjah (angkatan 2015) yang berkolaborasi dengan tim dari jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan jurusan Hukum Bisnis Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
“Perlombaan ini sangat kompetitif, mengingat lawan-lawannya dari berbagai negara yang berbeda sehingga suasananya pun lebih memanas. Baru pertama kali ini kami mengikuti perlombaan tingkat internasional dan kemudian berhasil meraih juara tiga. Al hamdulillah, sangat fantastis. Saya sangat bersyukur dan ini adalah unforgettable moment”. Terang Nandang Nurdiansyah ketika dihubungi via aplikasi Whatsaap.
Terdapat berbagai macam perlombaan dalam acara yang digelar mulai dari tanggal 30 Maret hingga 02 April 2018 tersebut, diantaranya: Lomba debat mahasiswa, lomba debat antar madrasah-madrasah se-ASEAN, perlombaan memanah, Nasyid, Tilawah al-Quran, dan pidato dua bahasa. [hs]

Humaniora pererat kerjasama dengan 22 mitra kerja PKL

  • Kategori: Berita
  • Dilihat: 161

Kamis (8/3). Fakultas Humaniora mengundang 22 mitra kerja yang akan berkerja sama dalam program Praktik Kerja Lapangan (PKL). Seluruh mitra kerja tersebut terdiri dari berbagai institusi seperti perusahan pers, jasa terjemahan, sekolah, dan berbagai perusahaan travel.
Dalam acara yang dihelat di ruang dekan fakultas Humaniora ini, para mitra kerja memberikan beberapa masukan dan evaluasi tentang hasil program PKL tahun kemarin.
Sebelumnya, pihak fakultas telah mendengar evaluasi dari pihak mahasiswa PKL tahun lalu (2017) dan Dosen Pembina Lapangan (DPL) tentang program PKL.
"Evaluasi ini diperlukan karena untuk pelaksanaan PKL yang berikutnya (tahun ini)" Jelas Dra. Siti Masitoh, M.Hum selaku Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.
Lebih jauh lagi, beliau menjelaskan bahwa dari acara tersebut, pihaknya mengetahui bahwa perlu adanya ekstra kesiapan bagi beberapa mahasiswa sebelum terjun dalam PKL.
Bu Masitoh mengatakan bahwa tahun ini, mahasiswa semester 6 BSA dan SI akan melaksanakan PKL secara bersamaan pada liburan semester 6. Ini dikarenakan kedua jurusan (BSA dan SI) menggunakan kurikulum baru.
Acara yang berlangsung selama 5 jam ini dihadiri oleh seluruh petinggi Fakultas Humaniora, yaitu Dekan Fakultas humaniora, Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan SI (Sastra Inggris) beserta jajarannya. [BOB]

Tim Debat BSA UIN Maliki Malang Raih Juara III

  • Kategori: Berita
  • Dilihat: 333

13/03. Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) meraih juara III dalam perlombaan debat yang di gelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Athifah Choirunnisah, Ahmad faiz Mahbubi ad-Darainy, dan Muhammad Sahni Arjah adalah delegator dari cabang perlombaan tersebut. Sedangkan dalam perlombaan baca Puisi bahasa Arab, tim delegasi dari BSA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengirimkan Faizul Munir untuk menjadi delegasi dan meraih juara harapan I. Pada kesempatan kali ini, El-Jidal selaku LSO dari HMJ BSA mengirimkan beberapa delegasi untuk mengikuti berbagai macam perlombaan yang dilaksanakan mulai dari tanggal 4-8 Maret itu, yaitu delegasi untuk cabang lomba debat bahasa Arab, baca berita berbahasa Arab, dan baca Puisi bahasa Arab.  [hs]

 

 

Ketua KPU-F Humaniora Sebut Pemilih Tahun Ini Meningkat

  • Kategori: Berita
  • Dilihat: 343

Senin (5/3). PEMIRA kali ini yang berlangsung di lantai 1 Fakultas Humaniora mengalami peningkatan dari segi pemilih. Peningkatan ini terlihat dari antusiasme para pemilih, yakni Mahasiswa Fakultas Humaniora, yang rela mengantre untuk memberikan hak suaranya. “(jumlah pemilih) yang kemarin 400, sekarang sepertinya 600 lebih”, ujar ketua KPU-F Syaikhu ketika ditemui.
Untuk menarik pemilih tahun ini, KPU-F Humaniora telah menyiapkan konsumsi dan stiker sejak pukul 07.00 WIB. “Iya di tahun ini kita menyediakan konsumsi, aqua gelas, dan stiker yang sudah habis sedari tadi”, jelas Syaikhu disela-sela berlangsungnya Pemilu.
Waktu pencoblosan berakhir pukul 15.00 WIB dan akan dilanjutkan sesi perhitungan suara pada pukul 16.00 WIB. [BOB]