Berita

Hadi Asrori, Bangga Sumbangkan Medali Perak Untuk UIN Malang

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 78

Humaniora - Mahasiswa Fakultas Humaniora kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Hadi Asrori, salah satu mahasiswa yang sedang kuliah di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab menyumbangkan medali perak untuk cabang perlombaan pop solo islami dalam event Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni, dan Riset (PIONIR) tingkat mahasiswa se-PTKIN yang digelar mulai 15 - 21 Juli 2019 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Hadi Asrori, mahasiswa yang duduk di semester VII, mewakili UIN Malang mampu mengalahkan 51 peserta dari seluruh PTKIN yang ikut dalam event PIONIR. Ini bukan kali pertama medali yang disumbangkan pada UIN Malang.
"Kami bangga bisa memberikan yang terbaik untuk UIN Malang. Tentunya, ini berkat dukungan civitas akademika di fakultas dan jurusan," paparnya penuh bangga.[kr]

 

LKBB Gelar Workshop Penelitian Linguistik Antropologi

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 36

Humaniora – Laboratorium Kajian Bahasa dan Budaya (LKBB) menggelar workshop Penelitian Linguistik Antropologi di Plenary Hall Fakultas Humaniora (Senin, 15/7/2019}. Sebagai pemateri workshop adalah dosen sekaligus peneliti dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yaitu Dr. Suhandano, M.A.

Workshop ini dilaksanakan dalam rangka mengembangkan cakrawala penelitian di bidang Linguistik Antropologi. Dalam workshop dipaparkan tentang pengertian, ruang lingkup, hingga isu-isu yang berkaitan dengan Linguistik Antropologi. Isu-isu yang berkembang memang cukup menggelitik untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Terutama bagi yang memang berminat di lingkup Linguistik Antropologi.

“Workshop ini digelar untuk mempertajam pengetahuan para dosen dalam kajian Linguistik Antropologi,” papar Ketua LKBB, Sri Muniroch, M.Hum.

Antusias peserta workshop juga cukup tinggi, terlihat ketika sesi tanya jawab banyak peserta yang mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan materi workshop. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta merupakan isu-isu yang memang sedang diteliti oleh peserta.

“Untuk melakukan penelitian terkait Linguistik Antropologi, peneliti harus totalitas di dalamnya.” ungkap Dr. Suhandano, M.A.. Jadi, peneliti harus dapat memahami Bahasa dari objek dan berkecimpung dalam dunia dan budaya dari objek penelitian. [MA]

 

Meneliti Itu Butuh Komitmen

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 64

Humaniora - Dalam rangka meningkatkan kemampuan meneliti, Fakultas Humaniora mendatangkan Kasi Penelitian dan Pengelolaan HKI Kemenag RI, Dr. Mahrus, M.Ag (Kamis, 18/7/2019). Acara digelar di ruang perpustakaan dan dihadiri dosen Fakultas Humaniora.
Dalam paparannya, Dr. Mahrus, M.Ag menjelaskan Agenda Riset Keagamaan (Arkan). Misi besar dari Arkan ini adalah menjadikan Indonesia sebagai pusat destinasi penelitian Islam di dunia. Lokusnya dititik-beratkan pada moderasi keberagamaan Islam.
Di tengah agenda riset keagamaan yang besar itu, Dr. Mahrus, M.Ag mengingatkan pentingnya komitmen seorang peneliti. Yang terpenting dalam penelitian adalah membangun komitmen. "Banyak peneliti yang mendapatkan hibah dana tetapi hasilnya tidak maksimal. Bahkan tak jarang hasil penelutiannya tidak jelas," paparnya.
Yang menjadi kendala bukan masalah besarnya dana. "Untuk itu, komitmen seorang peneliti mutlak dibutuhkan," imbuhnya.
Dr. Mahrus, M.Ag juga menjelaskan bahwa sebuah penelitian harus memiliki keluaran yang jelas. Misalnya, hasil penelitian harus berwujud artikel ilmiah yang bisa dipublikasikan pada jurnal bereputasi, atau mungkin terpublikasikan dalam wujud buku yang ber-ISBN, sehingga hasilnya bisa di-HKI-kan.
Sementara, Dekan Fakultas Humaniora dalam sambutannya mengingatkan para dosen tentang pentingnya penelitian sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Meneliti menjadi salah satu tugas utama setiap dosen. "Kita harus bisa meneliti dalam setiap tahun. Kita dapat mengakses dana hibah, baik di pusat maupun di universitas," jelasnya.[mff]

 

 

Humaniora Bangun Kebersamaan Melalui Family Gathering

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 36

Humaniora-Bertajuk Family Gathering, segenap civitas akademika Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bertolak menuju kota Batu (Sabtu, 6/7/2019). Destinasi acara ini adalah Taman Rekreasi Selecta yang merupakan salah satu ikon wisata di kota yang berada di lereng beberapa pegunungan ini.

Acara Family Gathering ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar civitas akademika Fakultas Humaniora. Seperti yang diungkapkan Dekan Fakultas Humaniora, tujuan utama dari Family Gathering ini adalah membangun dan menguatkan ukhuwah diantara keluarga besar Fakultas Humaniora. “Acara ini diadakan dalam rangka menguatkan jalinan ukhuwah diantara civitas akademika Fakultas Humaniora,” paparnya dalam memberikan sambutan.

Puncak acara, segenap civitas akademika mengikuti outbond yang dipandu oleh tim outbond dari Fakultas Ekonomi. Sebelum outbond dimulai acara Family Gathering dibukan dengan tausiyah keagamaan oleh Dr. K.H. Ahmad Muzakki, M.A. [HA]