Berita

Mahasiswa Humaniora Bakal Laksanakan Praktek Kerja Lapangan dari Rumah

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 117

HUMANIORA – (02/07/2020) Berdasarkan Surat Edaran dari Rektor tentang perpanjangan masa strelirisasi kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Fakultas Humaniora mengambil tindakan khusus untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) tahun ini. Dimana PKL akan dilaksanakan mandiri di rumah masing-masing.

Mahasiswa PKL akan mendapatkan penugasan mandiri dan dipantau langsung oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) melalui jaringan. Sebanyak 371 mahasiswa dari Prodi Sastra Inggris maupun dari Prodi Bahasa dan Sastra Arab bersiap melakoni PKL melalui jaringan untuk pertama kalinya. Dan telah disiapkan 37 DPL yang harus siap mendampingi para mahasiswa PKL dalam penugasan mandiri di rumah atau Work from Home.

Untuk mempersiapkan bagaimana PKL ini akan berjalan sesuai dengan prosedur, pihak pimpinan Fakultas Humaniora menyiapkan pembekalan yang berlangsung hari ini, Kamis. 2 Juli 2020, melalui aplikasi telekonfrensi Zoom. Pembekalan PKL kali ini disampaikan langsung, Dr. M. Faisol, M.Ag. Dalam pembekalan ini, Wakil Dekan bidang Akademik Fakultas Humaniora itu memberikan pengarahan kepada peserta PKL terkait tugas dan bentuk pelaporannya. Ia menekankan bahwa mahasiswa PKL kali ini harus mempunyai produk, baik dalam bentuk karya tulis ilmiah, media pembelajaran, terjemahan, maupun video pendek. “Tunjukkan prestasi dan kreatifitas kalian meski tidak bisa terjun secara langsung di tempat kerja” tandasnya sebelum ia menutup acara pembekalan PKL siang ini.  [HA]

Humaniora Siapkan Dosen Tanggap Perkuliahan Daring

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 136

HUMANIORA – (19/06/2020) Dalam rangka meningkatkan kinerja dosen Fakultas Humaniora, di Aula Fakultas diselenggarakan pelatihan platform e-learning yang dipandu oleh praktisi pendidikan Johan Ericka Wahyu Prakasa, M.Kom. Pelatihan ini disiapkan khusus bagi dosen prodi Bahasa dan Sastra Arab maupun Sastra Inggris untuk menghadapi proses perkuliahan online di semester ganjil 2020/2021.

Dalam pembukaan acara, Wakil Dekan bidang akademik Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol, M.Ag mengutarakan bahwa platform e-learning ini akan menjadi salah satu platform wajib dalam proses perkuliahan semester ganjil mendatang. Karena, dalam proses perkuliahan sebelumnya, para dosen menggunakan platform yang sangat beragam. Sehingga pimpinan fakultas berupaya untuk menyeragamkan platform yang akan digunakan.

Dalam platform e-learning ini, peserta yang hadir diberikan kesempatan untuk mencoba dan bertanya mengenai penggunaan platform e-learning. Johan menjelaskan bahwa platform e-learning UIN Malang ini meiliki fitur yang lengkap dan mudah diaplikasikan oleh dosen maupun mahasiswa. “Dosen dan mahasiswa tetap bisa melakukan perkuliahan secara online secara mudah baik dari kampus maupun dari luar”, Jelas dosen Fakultas Saintek, penggagas aplikasi e-learning ini. [HA]

 

Tahap Kedua Sidang Skripsi Online Prodi Sastra Inggris

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 147

HUMANIORA – (25/06/2020) Belum kunjung mereda, Pandemi COVID-19 memaksa semua perguruan tinggi diluar zona hijau untuk melaksanakan sidang skripsi online. Hal ini pun telah terlaksana di fakultas humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pada tahap pertama, Fakultas Humaniora telah melaksanakan sidang skripsi online baik dari prodi Bahasa dan Sastra Arab maupun dari Prodi Sastra Inggris dan telah terlaksana dengan baik melalui aplikasi telekonfrensi Zoom.

Pada hari ini dilanjutkan sidang skripsi tahap kedua dari prodi sastra Inggris. Peserta sidang skripsi online kali ini berjumlah 94 mahasiswa baik dari konsentrasi Sastra maupun linguistik. Sidang skripsi online ini akan dilaksanakan marathon selama 3 hari kedepan dengan aplikasi yang sama.

Sidang skripsi online ini dilaksanakan untuk membantu mahasiswa supaya dapat lulus tepat waktu dan segera mendapat pekerjaan sesegera mungkin setelah menjadi sarjana dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. [HA]

Prodi BSA Gelar Sidang Skripsi Online di Tengah Pandemi COVID-19

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 99

HUMANIORA – (12/06/2020) Mewabahnya COVID-19 yang telah menjadi pandemi global membuat beberapa mahasiswa sedikit terhambat dalam menyelesaikan penulisan skripsi mereka. Terutama bagi bagi mahasiswa yang telah melalui beberapa proses bimbingan hingga puncaknya di sidang skripsi. Oleh karena itu, pimpinan di prodi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora menyiapkan mekanisme khusus untuk menanggulangi masalah tersebut yaitu dengan menggelar sidang skripsi dalam jaringan atau daring.

Sejumlah 20 mahasiswa serta mahasiswi prodi Bahasa dan Sastra Arab mengikuti protokol khusus untuk mengikuti sidang skripsi online ini. Presentasi sidang skripsi online dihadapan para penguji ini dilakukan menggunakan aplikasi telekonfrensi Zoom. Sehingga sebelum sidang dimulai, para mahasiswa seyogyanya menyiapkan koneksi yang baik ketika sedang presentasi supaya tidak terjadi gangguan ketika sidang sedang berlangsung.

Menurut Wakil Dekan bidang Akademik Dr. M. Faisol, M.Ag ujian skripsi online ini dilakukan untuk membantu para mahasiswa supaya di semester ini kelulusannya tidak tertunda oleh pandemi yang sedang mewabah. [HA]