Berita

Humaniora Genjot Budaya Literasi Dosen

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 365

HUMANIORA – (04/03/2020) Dalam rangka penguatan budaya literasi Fakultas Humaniora UIN Maluana Malik Ibrahim Malang mengadakan pelatihan bersama tentang penulisan artikel ilmiah pada Selasa siang. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan penulisan jurnal pada beberapa minggu sebelumnya yang mendatangkan Prof. Irwan Abdullah.

Puluhan dosen Fakultas Humaniora tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Masing-masing peserta mempresentasikan kerangka artikelnya di hadapan dosen yang lain untuk mendapatkan umpan balik terkait obyek masalah yang ditulis. “Saya sangat berterima kasih atas masukan gagasan yang diberikan oleh teman-teman. Dengan begini, saya menjadi lebih terbantu dalam menulis artikel,” aku Arief yang mempresentasikan tajuk Analisis Framing Pemberitaan Statemen Donald Trump.

Dalam membuka acara Dekan Fakultas Humaniora Dr. Syafiyah menjelaskan bahwa penulisan artikel merupakan kebutuhan yang niscaya bagi setiap dosen. “Kualitas seorang dosen salah satunya terletak pada karya akademiknya. Semakin banyak karya ilmiah dihasilkan, maka semakin berkualitas. Bahkan karya ini menjadi suatu hal yang tidak bisa ditawar-tawar,” paparnya.

Kegiatan ini juga menjadi langkah awal untuk mewujudkan cita-cita kampus UIN Maulana Malik Ibrahim yang besar ini untuk melahirkan para guru besar baru sehingga semakin mendapatkan reputasi di tengah masyarakat.[KR]

 

Menembus Jurnal Internasional Bersama Prof Irwan Abdullah

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 377

HUMANIORA – (31/01/2020) Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali mengundang Prof. Dr. Irwan Abdullah, seorang reviewer penelitian dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dalam acara Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah. Pelatihan ini bertempat di Aula Fakultas Humaniora dan dihadiri oleh duapuluh dosen dari Program Studi Bahasa Sastra Arab maupun Sastra Inggris.

Dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Humaniora, pelatihan ini berlangsung dari pagi hingga sore hari selama dua hari, Jumat 31 januari sampai 1 Februari 2020. Selama dua hari ini, Prof. Dr. Irwan Abdullah menggelitik para peserta untuk menulis artikel ilmiah dan memberikan kiat-kiat menembus jurnal internasional. Di hari pertama, para peserta langsung dipaparkan rambu-rambu dalam penulisan artikel ilmiah didalam jurnal internasional hingga bagaimana penulisan latar belakang yang tepat sasaran dan terfokus pada konten jurnal.

Guru besar UGM yang mendapatkan gelar doktornya di Amsterdam ini berpesan kepada peserta pelatihan untuk membiasakan menulis dengan memulainya dari hal-hal terkecil. Ia mengatakan “ Jangan sayang kepada data, hingga ditulis semua dalam satu jurnal, jadikan data itu untuk tulisan-tulisanmu yang lainnya”. Ia mengakhiri dengan memberikan motivasi kepada peserta untuk tidak mudah menyerah dan selalu semangat menulis sampai dapat menembus jurnal internasional. [ha]

DOSEN MUDA FAKULTAS HUMANIORA ANTUSIAS GARAP ENSIKLOPEDI KEBUDAYAAN ISLAM NUSANTARA

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 436

HUMANIORA – (20/2/2020) Fakultas Humaniora agendakan  akan segera luncurkan ensiklopedi kebudayaan Islam nusantara. Bertempat di  ruang dosen II Fakultas Humaniora, para dosen muda berkumpul untuk membahas lebih lanjut progress penyusunan ensiklopedia. Ketua tim penyusunan ensiklopedia Misbahus Surur, M.Pd memaparkan teknis penyusunan sekaligus memberikan template yang akan digunakan dalam penulisan.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. M. Faisol, M.Hum selaku pembimbing penyusunan ensiklopedi kebudayaan Islam nusantara menekankan bahwa menulis itu harus menjadi kebiasaan bagi semua dosen. “Tulisan yang bagus dan baik adalah tulisan yang selesai atau jadi”, lanjutnya. Wakil Dekan I bidang akademik ini berpesan kalau kegiatan ini sepatutnya tidak menjadi beban bagi tiap dosen, sebab menulis adalah kegiatan wajib sebagai bentuk tanggung jawab akademik yaitu menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Para dosen sangat antusias menyambut kegiatan penyusunan ensiklopedi ini. Meskipun diberikan deadline untuk menyelesaikan setiap entry yang ada, namun hal itu tidak menjadi masalah. “Semakin cepat akan semakin baik dan segera terbit”, ucap Ulil, salah satu tim penyusunan ensiklopedi. Nantinya rapat lanjutan akan diadakan kembali guna pengecekan progress tulisan dari tiap dosen. “Harapannya kegiatan penulisan ensiklopedi kebudayaan islam nusantara ini menjadi awal untuk penulisan ensiklopedi-ensiklopedi selanjutnya dengan tema yang berbeda”, ucap Dr. M. Faisol, M.Hum. [MA]

FAKULTAS HUMANIORA DORONG DOSEN MENYUSUN SKP DAN NAIK PANGKAT

  • Written by Admin Humaniora
  • Category: Berita
  • Hits: 207

 

HUMANIORA (23/1/2020) Fakultas Humaniora mengadakan sosialisasi pengisian SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) dan perhitungan PAK (Penilaian Angka Kredit) di Home Teather Fakultas Humaniora. Kepala OKH (Organisasi Kepegawaian dan Hukum) UIN Malang, Umy Hanik, dalam paparan sosialisasinya menyatakan bahwa SKP merupakan penerapan dari Peraturan Pemerintah (PP) 46 Tahun 2011 tentang penilaian prestasi pegawai. Tujuannya, agar setiap pegawai/dosen memiliki fokus pekerjaan yang terarah dan target yang jelas.

Kenapa pengisian SKP harus dilakukan? Dijelaskannya, bahwa sangat penting untuk mengetahui bagaimana pekerjaan itu sesuai dengan target dan jabatan yang ditugaskan. SKP memuat seluruh kegiatan tugas jabatan dan target yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu. Hal ini sebagai sebagai suatu alat ukur untuk penilaian pegawai/dosen secara sistematis, yang dilakukan oleh atasan/pimpinan.

Sementara itu, sosialisasi perhitungan PAK sekaligus persyaratannya  harus diketahui juga untuk  kebutuhan jenjang  karir dan  kepangkatan bagi setiap dosen /pegawai baik yang PNS maupun Non PNS. Melalui sosialisasi ini diharapkan SKP dapat diterapkan secara menyeluruh di lingkungan Fakultas Humaniora dengan benar. [MA]