Dasrul, Alumni BSA Berbagi Pengalaman Kuliah Di Program Magister Philadelphia University Jordan

  • Update: 22/02/2021

HUMANIORA - 22/02/2021 Dasrul, pria kelahiran Makasar ini sejak awal mantap menjejakkan kakinya untuk studi di Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Malang. Masuk pada tahun 2015 dan dengan modal kesungguhan, akhirnya lulus pada tahun 2019.

Sejak semula, tekad Dasrul untuk memilih BSA sudah bulat karena yakin bahwa Bahasa dan Sastra Arab telah menjadi bagian penting dalam peradaban dunia. Di samping itu, bahasa Arab juga diyakini menjadi alat komunikasi ilmu pengetahuan, khususnya pengetahuan agama Islam.

Setelah lulus dari jenjang sarjana pada Prodi BSA Fakultas Humaniora, Dasrul langsung mencoba untuk melanjutkan studi magister di Philadelphia University Jordan dengan mengambil konsentrasi studi yang sama, yaitu Bahasa dan Sastra Arab.

Rasa syukur tidak dapat disembunyikan dari wajah Dasrul. Ia pun menceritakan pengalamannya selama kuliah di negeri yang bertetangga dengan Palestina tersebut.
Saat dihubungi, Dasrul mengatakan sebagai alumni BSA, kuliah di Yordania adalah sebuah anugerah yang luar biasa. Karena Yordania adalah bumi Syam yang seringkali disebut sebagai negeri berjuta keberkahan dan kemuliaan yang disebutkan dalam al-Qur’an. Menjadi destinasi bagi mahasiswa dari berbagai negara untuk belajar ilmu-ilmu keislaman. Selain itu, banyaknya situs-situs sejarah yang sarat akan nilai-nilai keislaman membuat semangat belajarnya semakin menggebu.

Dengan penuh kebanggaan Dasrul menceritakan bahwa para pengajar di tempat kuliahnya kebanyakan adalah profesor yang sudah banyak berkiprah di dunia internasional. Mereka tidak hanya dari Yordania, banyak juga yang berasal dari Mesir, Iraq, Syiria, Libya dan Yaman. Bahasa pengantar kuliah yang digunakan adalah bahasa Arab, hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Dasrul untuk memperlancar penggunaan bahasa Arabnya. Tidak hanya sebatas tulisan, namun lisan pun harus fasih.

Selain di kampus, mahasiswa juga bisa mengikuti pembelajaran dengan sistem talaqqi. Talaqqi yang digelar bisa berupa mengaji/Tahfid al-Qur’an bersanad dan mengaji kitab-kitab rujukan primer Islam; Tafsir, Akidah, Hadis, Tasawuf, Mantik dan Fikih. Ada banyak lembaga dan Masyayikh yang membuka lebar-lebar pintu rumahnya untuk para mahasm iswa yang ingin intens mengngaji, menyambung tali sanad dan menambah wawasan keislaman. Keuntungan lainya adalah, negara ini sangat dekat dengan palestina dan saudi arabia, untuk menunaikan ibadah umroh hanya membutuhkan kurang lebih 14 jam via jalur darat dengan budget yang relatif murah

Dasrul menambahkan bahwa pengalaman selama menempuh Studi S1 di Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Malang merupakan bekal terbaiknya untuk melanjutkan studi S2 di Yordania. Bukan hanya sekedar berbekal ilmu, namun nasehat para staf dan pengajar selama di S1 menjadi modal penting bagi dirinya dalam meraih kesuksesan kuliah di Yordan.
Satu hal yang tidak dapat disembunyikan, menurut Dasrul kesuksekan yang diraih untuk bisa kuliah di Philadelphia University Jordan merupakan wujud bahwa alumni mahasiswa BSA Fakultas Humaniora UIN Malang mampu bersaing dengan mahasiswa lain yang datang dari berbagai negara. "Saya bangga dengan BSA UIN Malang karena saya bisa diterima di Universitas Philadelpia ini", Ujar pria yang memiliki hobi traveling ini.
Saat ini, Dasrul sedang mempersiapkan proposal tugas akhir. Usai menyelesaikan jenjang Magister, ia masih bertekad untuk melanjutkan jenjang doktor. "Banyak peluang beasiswa yang dapat diakses untuk kuliah di Yordania. Ayo semangat bagi adik-adikku", tegasnya seraya memberi motivasi untuk mahasiswa di Fakultas Humaniora UIN Malang. [MFF]

Template Settings

Theme Colors

Blue Brown Orange Pink

Layout

Wide Boxed Framed Rounded
Patterns for Layour: Boxed, Framed, Rounded
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…