ADC-MDU Gelar Lomba Debat Se Jatim Featured

  • Update: 11/12/2012

Advanced Debate Community, sebagai satu-satunya oragnisasi debat yang berada di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ternyata tidak hanya dikenal di kalangan internal kampus saja, organisasi yang lebih akrab disebut dengan ADC ini juga bisa eksis di kalangan eksternal kampus. Dengan bekerjasama bersama Malang Debating Union (MDU), kedua organisasi debat tersebut menggelar lomba debat yang diikuti oleh universitas se Jawa Timur, yang bertajuk Malang Newbies Debate Competition beberapa hari yang lalu (7-9/12).

Kegiatan yang bertempat di gedung Fakultas Humaniora dan Budaya (Hudaya) ini mengajak para mahasiswa, khsusnya bagi mereka yang masih duduk di semester satu dan tiga untuk berpartisipasi dalam acara yang lebih sering disingkat MNDC ini. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas debater baru di Jawa Timur sekaligus untuk memupuk bibit unggul debater di Jawa Timur. ”Kegiatan ini juga bisa membantu kita dalam berbicara bahasa Inggris dan berfikir kritis,”ujar Muhamad Fahri Akbar, selaku ketua panitia.

MDU yang merupakan perkumpulan dari beberapa komunitas debat di Malang, seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Malang, serta Politeknik Negeri Malang mengajak ADC, sebagai komunitas debat di UIN Maliki Malang bekerjasama untuk menjadi venue dalam acara tersebut, hal dimaksudkan agara silaturrahim antar sesama debater bisa berjalan dengan baik, yaitu dengan saling bergantian menjadi venue dalam kompetisi debat. ”Alhamdulillah, kita bisa menjadi tuan rumah untuk MNDC kali ini,” jelas Annadhifatul Churry Illiyyin, presiden ADC.

Kegiatan tersebut juga mendapatkan apresiasi yang meriah dari pihak kampus, tepatnya dari Pembatu Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dra. Hj. Syafiyah, MA. Menurutnya, kegiatan lomba debat tersebut sangat membantu para mahasiswa yang masih belajar debat untuk bisa berkompetisi di beberapa kompetisi selanjutnya yang lebih besar. ”Terima kasih atas kepercayaannya untuk menjadikan UIN sebagai venue dalam MNDC kali ini,” terang dosen Bahasa dan Sastra Inggris ini ketika memberikan sambutan.

Dari hasil lomba tersebut, Universitas Brawijaya berhasil menjadi juara satu dua diikuti Universitas Negeri Malang di peringkat ketiga. Tim dari UIN sendiri hanya bisa sampai di babak delapan besar saja, sedangkan tim kedua harus puas terhenti di babak enam belas besar, ”Semoga hasil ini bisa menambah pengalaman kita untuk bekal di lomba selanjutnya,” ujar Iswatin Chasanah, anggota ADC yang berhasil masuk delapan besar. (rif)

Template Settings

Theme Colors

Blue Brown Orange Pink

Layout

Wide Boxed Framed Rounded
Patterns for Layour: Boxed, Framed, Rounded
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…