Kuliah Tamu Pembelajaran Bahasa Arab Featured

  • Update: 11/12/2012

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh jurusan Bahasa dan Sastra Arab untuk membantu mahasiswanya dalam memahami bahasa Arab, salah satunya yang dilakukan kemarin (8/12) adalah dengan mengadakan kuliah tamu bagi seluruh mahasiswa. Untuk kuliah tamu yang bertempat di Aula fakultas Humaniora dan Budaya, pihak jurusan pengundang salah satu penutur bahasa Arab asli dari Sudan yaitu, Muhammad Faishol.

Dalam kuliah tamu yang kebanyakan diikuti oleh mahasiswa baru ini, dosen yang akrab disapa dengan panggilan Pak Faishol ini mengungkapkan bahwasanya banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pemahaman kita untuk bisa mengerti bahasa Arab, mulai dari  menciptakan lingkungan berbahasa, ataupun mendengarkan langsung dari pemakai bahasa yang asli, “Seperti saya sedikit demi sedikit bisa berbahasa Indonesia karena rajin mendengarkan”, ucap beliau dengan logat bahasa Indonesia yang masih agak kaku.

Selain itu, dosen yang juga mengajar di jurusan BSA ini menjelaskan bahwasanya masih banyak metode-metode lain untuk bisa memahami bahasa Arab, seperti halnya yang dikatakan olehnya, ”kita juga bisa menterjemah bahasa Indonesia ke bahasa Arab,” tambah dosen yang juga mengajar di Pasca Sarjana UIN Maliki ini.

Para mahasiswa pun sangat antusias dalam mengikuti kuliah tamu yang dilaksanakan di lantai tiga fakultas Humaniora dan Budaya ini. Selain bisa memperoleh ilmu mengenai pembelajaran bahasa, mereka juga bisa berinteraksi langsung dengan dosen penutur asli bahasa Arab. “Kuliah ini sangat membantu kita untuk memahami bahasa Arab,” ungkap Auliya Hasanah, mahasiswi semester satu jurusan BSA. (nay/rif)

Template Settings

Theme Colors

Blue Brown Orange Pink

Layout

Wide Boxed Framed Rounded
Patterns for Layour: Boxed, Framed, Rounded
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…