Seminar Hasil Penelitian Dosen Hudaya 2012 Featured

  • Update: 11/12/2012

Setelah para dosen fakultas Humaniora dan Budaya (Hudaya) selesai melakukan penelitiannya, kini saatnya bagi mereka untuk mempresentasikannya. Penelitian merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh dosen aktif di fakultas tiga jurusan ini, dan untuk membuktikan bahwa mereka telah selesai dengan penelitiannya, kemarin (9/12) seluruh dosen dari semua jurusan mempresentasikan hasil penelitiannya, baik penelitian mengenai linguistik, pengajaran, pembelajaran ataupun bidang sastra dan budaya.

Dari masing-masing topik penelitian, ada lima dosen yang mempresentasikan sesuai dengan topik yang mereka kuasai, tentunya dengan judul yang berbeda. Seperti misal dalam topik linguistik, Rhetorical Comparative Analysis on Warrants in English and Indonesian Argumentation yang dipresentasikan oleh Hj. Rohmani Nur Indah, M.Pd. Jika dosen yang akrab disapa dengan panggilan Bu Indah ini lebih fokus pada ranah writing, Drs. H. Djoko Susanto, M. Ed., Ph.D membahas mengenai topik sosiolinguistik. ”Untuk subjek, saya menggunakan orang Pasuruan dan Probolinggo, khsusnya mengenai address term,” jelas dosen sosiolinguistik ini.

Sedangkan untuk topik pembelajaran, salah satunya adalah Strategi Pembelajaran Kosakata melalui menulis yang dipresentasikan oleh Agung Wiranata Kusuma, MA. Ada juga dosen yang menggunakan subjek mahasiswa UIN sendiri yaitu Syamsuddin M.Hum yang berjudul EFL Learner’s Communication Strategies to Handle Their Speaking Problems at the English Department State Islamic University Maliki Malang. Dosen Bahasa Arab juga tidak mau kalah, seperti yang dipresentasikan oleh H. Gufron, M.HI yang membahas mengenai Model Pembelajaran Balaghah (Ilmu Bayan) dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SMPB), serta dosen yang juga mengambil subjek di UIN, yaitu di Ma’had Sunan Ampel Al Aly, yang membahasa tentang Penciptaan Bi’ah Arabiyah di Ma’had Sunan Ampel Al Aly, dan dipresentasikan oleh Bisri Musthofa, MA.

Dalam bidang Sastra dan Budaya, ada H. Halimy Zuhdy, M.Pd yang membahas mengenai Analisis Form Pada Puisi-Puisi Nizar Qobbani, dalam Antologi Puisi 1000 Risalah Hub. Dr. H. Wildana, Lc. M.Ag juga ikut andil dalam penelitian yang bertempat di lantai satu ini, dosen yang juga menjabat sebagai Pembantu Dekan bidang Akademik ini menjelaskan mengenai Perang Riddah dan Futuhat al Islamiyah (Kajian relasi peristiwa Sosial dan Perkembangan Sastra Arab).

Dalam penelitian yang dilaksanakan dalam satu tahun sekali ini, fakultas Hudaya memang mewajibkan bagi seluruh dosen yang mengajar, baik jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Bahasa dan Sastra Inggris, serta Pendidikan Bahasa Arab. Selain itu, Hudaya juga sangat mengapresiasi dan juga mendukung dengan kegiatan tersebut. ”Fakultas di sini juga memberikan dukungan dalam setiap penelitian mereka,” papar Pembantu Dekan I Bidang Akademik Hudaya. (rif/nay)

Template Settings

Theme Colors

Blue Brown Orange Pink

Layout

Wide Boxed Framed Rounded
Patterns for Layour: Boxed, Framed, Rounded
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…