Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Melalui Literary Competence

Bagi sementara orang yang bergelut dalam dunia pendidikan, meningkatkan pengetahuan peserta didik (mahasiswa) bukanlah hal yang mudah dilakukan. Seseorang bisa saja menyodorkan segudang buku bacaan kepada mereka agar membacanya. Namun tidak sedikit mengalami kegagalan. Butuh cara untuk memperluas cakrawala pengetahuan seseorang. Salah satunya adalah melalui Literary Competence. Hal ini terungkap dalam diskusi rutin yang digelar oleh Laboratorium Kajian Bahasa dan Budaya (LKBB) Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim pada Jum’at (21/9/2018) di ruang perpustakaan.
Hadir menjadi narasumber dalam diskusi tersebut Muzakki Afifuddin, M.Pd., salah seorang dosen Jurusan Sastra Inggris Fakultas Humaniora. Dalam paparannya, ia menyatakan bahwa Literary Competence (Kompetensi Sastra) merupakan kemampuan seseorang  untuk menghubungkan  informasi  yang telah didapat dalam pembelajaran formal maupun non formal melalu teks sastra atau non sastra.
“Kompetensi ini bisa dimunculkan dalam pembelajaran keterampilan bahasa apapun dalam bentuk kegiatan yang merespon teks, baik teks yang diucapkan maupun yang ditulis, teks sastra mapun non sastra,” jelas dosen yang sudah melalang buana dalam konferensi internasional ini.
Tidak hanya memperluas cakrawala pengetahuan, Literary Competence juga dapat memantik peningkatan kompetensi peserta didik dalam ranah yang lebih luas. “Kompetensi ini juga sangat mendukung pengembangan kemampuan critical thinking dan creative thinking bagi mahasiswa,” imbuhnya.[mff]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 64 guests and no members online