Jadikan Mengajar Sebagai Hobi

Fakultas Humaniora menggelar rapat koordinasi akademik menjelang awal perkuliahan semester Ganjil tahun 2018/2019 pada Senin 13 Agustus 2018 di Aula fakultas. Rapat dihadiri oleh para dosen dari kedua jurusan, Sastra Inggris serta Bahasa dan Sastra Arab. Rapat ini digelar sebagai ajang untuk persiapan diri bagi para dosen dalam menyongsong perkuliahan yang akan dimulai Senin minggu depan.

Perangkat pembelajaran merupakan salah satu hal penting yang perlu disiapkan. Perangkat ini meliputi absensi, kontrak belajar, silabus, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan sarana lainnya yang mendukung proses perkuliahan.

“Seperti biasanya, semua perangkat pembelajaran sudah siap. Setiap dosen sudah bisa mendapatkan. Senin depan perkuliahan siap dijalankan,” jelas Khoirul Anas, staf administrasi akademik jurusan Bahasa dan Sastra Arab.

Rapat koordinasi kali ini dipandung langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik. Dalam paparannya, Dr. M. Faisol selaku  Wakil Dekan Bidang Akademik mengajak kepada dosen yang hadir untuk bisa menjalankan amanah sebagai dosen dengan penuh tanggung jawab.

“Profesi sebagai dosen merupakan amanah yang harus kita jalankan dengan penuh tanggung jawab. Wujudnya adalah kita harus bisa melayani mahasiswa melalui proses perkuliahan secara disiplin dan sesuai dengan aturan yang ada,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. M. Faisol mendorong semua dosen Fakultas Humaniora untuk menjadi dosen yang kreatif dan bisa menjawab tantangan mahasiswa generasi milenial. Salah satu caranya adalah mengubah cara pandang dalam mengajar. Mengajar bukanlah sekedar mentransfer ilmu pengetahuan. Dosen harus bisa menjadi fasilitator, mampu menginspirasi dan mendorong kreatifitas mahasiswa dalam belajar, termasuk mencari terobosan-terobosan baru dalam melakukan proses pengajaran.

“Mengajar mahasiswa era milenial membawa tantangan tersendiri. Ini tidak mudah. Kita harus menyiapkan diri. Dituntut lebih kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, mengajar harus dipahami sebagai hobi diri kita masing-masing. Teaching is my hobby. Kita harus senang menjalaninya, tidak tertekan dan terbebani,” lanjut dosen yang sudah banyak mengawal tugas mahasiswa menjadi buku bacaan yang berbobot ini.

Rapat koordinasi diakhiri dengan dialog bersama untuk membincang dan mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan proses perkuliahan semester ganjil ini. Tampak para dosen mengikuti dengan penuh antusias. [arh]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 303 guests and no members online