Optimalkan Fungsi Perwalian Akademik

Perwalian akademik memiliki fungsi yang sangat penting dalam membimbing mahasiswa untuk menyelesaikan studinya. Setidaknya hal ini terungkap dalam rapat koordinasi persiapan pemrograman matakuliah bagi mahasiswa, yang dilaksanakan oleh Fakultas Humaniora pada Selasa 31 Agustus 2018 di Aula fakultas.
Dalam pemaparannya, Dekan Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. Syafiyah, MA. menjelaskan bahwa perwalian akademik sangat menentukan dalam penyelesaian studi mahasiswa. Dosen perwalian bisa menjadi tempat konsultasi terkait persoalan akademik dan problem-problem yang dihadapi mahasiswa sehingga bisa menghambat kelancaran studi.
"Dosen perwalian bisa memberi pertimbangan dan arahan dalam melakukan pemrograman matakuliah. Juga bisa memonitoring perkembangan kemajuan akademik yang dicapai oleh mahasiswa," paparnya.
Dalam kesempatan yang sama Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. M. Faisol, mengingatkan kepada para dosen akan pentingnya pendekatan yang dipakai dalam proses konsultasi. Dosen perwalian harus persuasif dan proaktif dalam membimbing mahasiswa. Hal ini penting dilakukan mengingat orientasi dan cara berinteraksi mahasiswa telah mengalami perubahan yang luar biasa, lebih-lebih di era milenial seperti sekarang.
"Mahasiswa seharusnya kita anggap sebagai anak kandung sendiri. Untuk meminimalisir masalah yang muncul kita harus proaktif kepada mereka", ujarnya.
Rapat koordinasi ini dihadiri dosen-dosen Fakultas Humaniora. Sesi dialog menjadi penutup rapat kali ini. Tampak mereka mengikuti jalannya rapat dengan antusias.[arh]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 297 guests and no members online