Sastra Inggris Latih Kompetensi Guru Bahasa Inggris se-Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jurusan Sastra Inggris Fakultas Humaniora bekerjasama dengan Institut Agama Islam Qomaruddin Bungah mengadakan pelatihan bagi guru Bahasa Inggris tingkat SLTA se-kabupaten Gresik dan Lamongan. Pelatihan mengambil tema "Mengajarkan Bahasa Inggris Dengan Menyenangkan". Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 5 Agustus 2018 di aula IAI Qomaruddin Bungah.

Kegiatan ini dirancang dalam rangka meningkatkan kompetensi guru Bahasa Inggris di tengah tantangan generasi milenial. Salah satu narasumber dalam pelatihan, Agwin Degaf, mengingatkan kepada guru Bahasa Inggris tentang realitas peserta didik yang sekarang ini masuk dalam era digital.

"Era digital yang ditandai dengan kemajuan teknologi medsos harus dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Anak-anak kita sekarang ini lebih enjoy dengan medsos. Ini harus kita manfaatkan sehingga pembelajaran bisa lebih menyenangkan dan optimal," tandasnya.

Sementara itu, Zainur Rofiq, MA., yang didaulat menjadi narasumber selanjutnya, mengajak untuk mengubah paradigma pengajaran bahasa Inggris kepada generasi milenial. "Peserta didik era milenial tidak suka duduk berlama-lama apalagi dipaksa. Lebih suka hal yang simpel dan tidak mau ribet. Ini tantangan bagi guru era milenial," ungkapnya.

Miftahul Huda, M.Pd. menjelaskan pendekatan Cooperative Learning sebagai salah satu pendekatan dalam melaksanakan pembelajarann Bahasa Inggris. Menurutnya, pendekatan CL sangat tepat untuk diterapkan bagi peserta didik era milenial.

"Dalam CL peserta diajak untuk lebih kreatif dan aktif. Tidak duduk dan diam sehingga anak menjadi pasif, sehingga menjadi miskin inisiatif," paparnya.

Ratusan guru Bahasa Inggris tingkat SLTA ikut berpartisipasi aktif dalam pelatihan ini. Mereka mengikuti dengan penuh antusias. "Menarik sekali kegiatan seperti ini. Saya mendapatkan banyak inspirasi," ujar Shofi, salah satu guru SMA Qomaruddin.

Pelatihan berakhir siang dengan ditutup oleh Wakil Rektor bidang akademik IAI Qomaruddin, Ainul Khalim, M.Pd.I. "Terima kasih atas kerjasama dari jurusan Sastra Inggris Fakultas Humaniora. Ke depan akan ditindak-lanjuti dalam bentuk kegiatan akademik yang lain," jelasnya.[hr]

 

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 169 guests and no members online