Dosen Humaniora Diseminasikan Hasil Penelitian Dalam Forum Internasional

Tiga dosen Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mempresentasikan hasil penelitiannya dalam forum internasional yang dihelat oleh Ittihad al-Mudarrisin li al-Lughah al-Arabiyah (IMLA) dengan bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, yang dilaksanakan pada 13 – 15 Juli 2018 dengan mengambil tema Peran Bahasa Arab dalam Peradaban Manusia. Ketiga dosen tersebut adalah Dr. Muashomah, M.Pd., Dr. Laly Fitriani, M. Pd., dan Nur Qomari, M.Pd.

Dr. Muashomah, M.Pd. mengangkat tema tentang morfologi (ilm al-Sharf). Menurutnya bahwa perubahan huruf dalam satu wazan memiliki dampak perubahan makna dalam satu kosakata. Setiap perubahan itu memiliki implikasi semantik, baik secara leksikologis dan konteks. “Pada dasarnya, kosakata Arab bertumpul pada pola tsulatsi (tiga huruf). Namun pola ini bias diturunkan menjadi rubaiykhumasiy, dan sudasiy. Dan ini memiliki pengaruh dalam arti masing-masing,” tegasnya.

Sementara itu, Dr. Laily Fitriani menguraikan hasil penelitiannya terkait sumbangan budaya lokal bagi pengembangan materi ajar Bahasa Arab untuk membentuk perilaku peserta didik. “Budaya lokal cukup dapat memberikan pengaruh terhadap penanaman karakter peserta didik. Budaya ini dikemas dalam materi pembelajaran Bahasa Arab. Melalui pengemasan budaya lokal peserta didik juga dengan muda dapat mencerna materi pelajaran Bahasa Arab.”

Sedangkan Nur Qomari, M.Pd. dalam mendiseminasikan penelitiannya lebih tertarik pada masalah peran pengajar. Kesuksesan seseorang dalam belajar bahasa Arab sangat terkiat dengan pengajarnya. Peran pengajar tidak sekedar mentranfer pengetahuan tetapi memiliki peran yang lebih luas, mulai menjadi motivator sampai kreator.  “Murid harus diberi kesempatan untuk mengaktualisasikan dirinya dalam proses pembelajaran. Guru bisa menjadi fasilitator bagi mereka.”

Diseminasi hasil penelitian ketiga dosen Fakultas Humaniora itu disampaikan tidak saja dihadapan presenter dan peserta dalam negeri, tetapi juga luar negeri.  Diantaranya, mereka datang dari Malaysia, Arab Saudi, Mesir, Maroko, dan Aljazair.[hf]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 99 guests and no members online