Masuk Nominasi, Dosen Humaniora Presentasikan Proposal Riset di ACRP

Dua dosen Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mendapat undangan kehormatan untuk mempresentasikan proposal risetnya dalam Annual Conference on Research Proposal (ACRP) yang digelar oleh Diktis Kementerian Agama Republik Indonesia, yang digelar pada 18 – 19 Juli 2018 di Hotel Aston Bogor. Dua dosen itu adalah Dr. Hj. Istiadah, MA. dan Dr. Sutaman, M.Pd.

Dr. Hj. Istiadah, MA. mempresentasikan riset dengan topik pengembangan pariwisata syari’ah berbasis budaya local. Menurutnya, pariwisata syari’ah memiliki peluang yang sangat tinggi jika dikembangkan untuk konteks saat ini. “Sekarang ini, pariwisata syari’ah sudah mulai dilirik oleh dunia internasional. Beberapa Negara sudah memulai dan mengembangkan,” tandasnya di hadapan para reviewer.

Jenis riset yang dibawakan oleh Dr. Hj. Istiadah, MA. ini masuk dalam klaster Riset Pengabdian dalam peta penelitian Diktis Kemenag yang dikompetisikan. Sesuai dengan rancangan, riset ini diajukan dengan mengambil potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Malang. “Riset pengabdian ini akan dilakukan di Malang, karena memang memiliki pontesi luar biasa untuk menjadi tempat destinasi wisata dari berbagai penjuru kota, bahkan dunia,” imbunya.

Sementara itu, masih dalam kluster yang sama, Dr. Sutaman, M.Pd. mempresentasikan riset dengan topik multikulturalisme berbasis pesantren di tengah maraknya radikalisme. “Pesantren menjadi pilar penting di tengah masyarakat yang memiliki berbaga ragam budaya. Perbedaan budaya menjadi sebuah keniscayaan. Pesantren sebagai tempat untuk memproduksi pemahaman pengetahuan agama memiliki potensi untuk membendung paham radikal yang akhir-akhir ini mulai menggerogoti sendi-sendi kehidupan masyarakat,” papar dosen jurusan Bahasa dan Sastra Arab.

Annual Conference on Research Proposal (ACRP) ini merupakan ajang terhormat bagi para peneliti untuk memaparkan rencana riset yang akan dilakukan, menguji metodologi yang digunakan, dan membedah bobot kontribusi akademik yang hendak disumbangkan bagi pengembangan ilmu dan tantangan kehidupan yang dihadapi pada saat ini. Terdapat 800 proposal riset yang masuk nominasi untuk dipresentasikan dalam forum ini sebelum ditetapkan sebagai penerima hibah penelitian Diktis. “Jumlah 800 proposal riset ini merupakan hasil seleksi dari 2.000 proposal yang kami terima setelah dilakukan diseleksi oleh Reviewer. Setelah dipresentasikan dalam ACRP ini proposal itu akan diseleksi untuk ditentukan riset mana yang layak mendapatkan dana hibah penelitian,” ujar Dr. Mahrus Elmawa selaku Kasi Penelitian Diktis Kemenag RI.

Menangapi masuknya dua proposal riset tersebut dalam ACRP, Dekan Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. Hj. Syafiyah, MA. menyambut baik. “Ini merupakan suatu kebanggaan bagi Fakultas Humaniora. Semoga bisa lolos seleksi sehingga mendapatkan dana hibah penelitian kompetitif Diktis Kemenag,” harapnya.[mff]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 113 guests and no members online