Memperkuat Metodologi Penelitian Kesusasteraan Arab

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab fakultas Humaniora UIN Malang merupakan salah satu jurusan yang memiliki perhatian penuh terhadap kelestarian Ilmu – ilmu bahasa dan ilmu-ilmu sastra di bumi Nusantara. Sebagai salah satu bentuk perhatiannya, Jurusan BSA UIN Malang menyelenggarakan Workshop internasional dengan tema “ Pengayaan Kemampuan Dosen dan guru bahasa Arab” pada tanggal 6 juli 2018. Dua pembicara internasional dihadirkan dalam acara ini. Prof. Dr. Abdul Karim dan Dr. Muhamad Sa’id al-Luwaimi, keduanya berasal dari Markaz Malik Abdullah li Khidmah al-Lughah al-Arabiyah Riyad-Arab Saudi.
Dalam acara ini, Prof. Dr. Abdul Karim menyampaikan tema “Metodologi Penelitian Sastra Arab”. Sementara Dr. Muhammad Said al-Luwaimy menyampaikan topik “Keterampilan berbahasa dalam komunikasi sehar-hari“. Seminar dilaksanakan di ruang sidang gedung Rektorat lantai 3, dan dihadiri oleh ratusan peserta dari dalam dan luar UIN Malang.
Prof. Abd. Haris, M.Ag. dalam sambutannya menekankan pentingnya Bahasa Arab bagi masyarakat Islam dalam memahami sumber-sumber keagamaan Islam. “Bahasa Arab sangat penting bagi umat Islam, khususnya di bumi Nusantara. Hal ini karena sumber pengetahuan keislaman lebih banyak didominasi oleh sumber-sumber berbahasa Arab. Lebih-lebih al-Qur’an dan hadits  yang keduanya menggunakan Bahasa Arab sebagai media komukiasi,” tegasnya.
Dalam kaitannya penguatan metodologi penelitian sastra Arab, Prof. Dr. Abdul Karim menandaskan pentingnya untuk menguasai sejarah Bahasa Arab dalam konteks penelitian kesastraan Arab, mulai masa Jahiliyah sampai masa kontemporer. “Tanpa penguasaan sejarah yang baik, maka penelitian akan menjadi hampa,” ungkapnya.
Sementara  itu, Dr. Sa’id al-Luwaimi menitikkan penguasaan unsur-unsru Bahasa dalam berkomunikasi. Menurutnya, “Setiap intonasi dalam berbahasa memiliki makna. Salah dalam memberikan penekanan intonasi, akan berdampak pada kesalah-pahaman dalam berkomunikasi.”
Usai seminar, acara dilanjutkan dengan berdiskusi dan membahas kemungkinan untuk melakukan kerjasama Antara Jurusan Bahasa dan Sastra Arab dengan Markaz al-Malik Abdullah li Khidmah al-Lughah al-Arabiyah.[mq]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 50 guests and no members online